spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    17 Pejabat Pemkab Ciamis Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 17 pejabat eselon II di likungan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mengikuti uji kompetensi atau job fit Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ciamis, Rabu (1/2/2023). 

    Kegiatan ujikom JPTP tersebut ditujukan sebagai rotasi mutasi karena adanya pejabat yang pensiun dan meninggal dunia sehingga kekosongan jabatan harus segera dilengkapi. 

    Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, JPTP memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung birokrasi yang berkarakter responsif dan partisipatif. 

    BACA JUGA: Antisipasi Beras Mahal, Pemkab Ciamis Akan Gelar Operasi Pasar

    “Saat melaksanakan tugas pelayanan publik, pemerintah dan pembangunan pejabat pimpinan tinggi harus bisa menjamin akuntabilitas jabatan,” kata dia. 

    Yana menjelaskan, ujikom JPTP untuk Pejabat Pemkab Ciamis tersebut diatur dalam peraturan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni pengisian JPT di instansi pusat dan daerah harus dilakukan dengan mekanisme seleksi yang objektif dan sistematis. 

    “Tugas yang akan diemban ini sangat penting maka dari itu pengangkatan dan penempatan pejabat pimpinan tinggi harus mendapatkan perhatian khusus,” jelasnya. 

    BACA JUGA: 1 Rumah di Ciamis Terdampak Tanah Amblas

    Uji kompetensi tersebut diseleksi oleh para panitia yang terdiri dari unsur eksternal dan internal yakni PJPT Ciamis, para akademisi, pakar dan diawasi secara langsung oleh komisi Aparatur Sipil Negara. 

    “Para peserta ujikom JPTP harus berkompetensi dengan sungguh-sungguh, tunjukan semangat berikan yang terbaik dalam melakukan uji kompetensi ini,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img