spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    10 Hal yang Membuat Anda Harus Bersepeda Mulai Dari Sekarang

    FOKUSJabar.id: Bersepeda sangat baik untuk kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental. Merupakan olahraga yang berdampak rendah, yang berarti bersepeda dapat membantu Anda menghindari cedera.

    Pada saat yang sama, juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan pembakaran kalori.

    Bersepeda juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

    Jika belum pernah mencobanya, sekaranglah saatnya! Jika Anda tidak yakin harus memulai dari mana, mungkin beberapa manfaat di bawah ini bisa merubah pikiran Anda untuk segera memulai.

    Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai bersepeda melansir dari Healthline dan Medical News Today.

    1. Bersepeda Membantu Kesehatan Jantung

    Bersepeda
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda dapat meningkatkan detak jantung dan fungsi kardiovaskular Anda. Jantung akan menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular. 

    Hal ini juga akan membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

    Juga akan membantu menurunkan lemak tubuh dengan meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan massa otot.

    Baca Juga: 5 Sikap Menunjukan Kamu Belum Dewasa

    2. Terhindar Dari Tekanan Darah Tinggi

    Tekanan darah tinggi
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda adalah cara yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

    Jika dapat bersepeda selama 30 menit 3 kali seminggu, dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4,3 persen dalam waktu 3 bulan. Dan jika terus melakukannya selama 6 bulan, Anda dapat menurunkannya hingga 11,8 persen.

    3. Menurunkan Berat Badan

    menurunkan beratbadan
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk menurunkan berat badan. Adalah latihan aerobik yang membantu meningkatkan metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak. 

    Dapat menciptakan latihan sendiri dengan memvariasikan intensitas bersepeda. Jumlah pembakaran kalori tergantung pada seberapa keras kita berolahraga (yaitu, intensitas tinggi atau intensitas rendah).

    4. Menjaga Paru-Paru

    MEnjaga Paru-paru
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda adalah cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat. Membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak. 

    Juga sangat efektif dalam hal membakar kalori, sehingga menjadikannya pilihan olahraga yang tepat jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengencangkan tubuh.

    5. Mengurangi Stress dan Depresi

    Mengurangi stress dan depresi
    Ilustrasi (Web)

    Olahraga teratur, termasuk bersepeda, dapat mengurangi gejala kecemasan, stres, dan depresi. Penelitian juga menemukan bahwa olahraga teratur memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya bagi penderita depresi. 

    Seperti peningkatan energi, tidur yang lebih nyenyak, fokus mental yang lebih baik dan kemampuan memecahkan masalah, peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh, serta suasana hati yang lebih baik.

    Baca Juga: 5 Efek Berhubungan Sex pada Janin, Ibu Harus Tau

    6. Bersepeda Meningkatkan Kebugaran Tubuh

    meningkatkan kebugaran tubuh
    Ilustrasi (Web)

    Aktivitas olahraga aerobik, seperti bersepeda, berjalan kaki, dan berenang, dapat meningkatkan kebugaran tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. 

    Latihan-latihan ini membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

    7. Dianjurkan Untuk Lansia Untuk Masalah Persendian

    Masalah persendian
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda adalah aktivitas yang bagus untuk individu yang ingin meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan membakar kalori. 

    Anda dapat melakukan di dalam atau di luar ruangan, dan ini sangat baik untuk orang yang sudah lanjut usia atau memiliki masalah persendian. 

    Anda akan mengeluarkan banyak keringat yang baik untuk persendian Anda. Bersepeda adalah olahraga yang berdampak rendah sehingga membantu menghindari cedera atau ketegangan pada tubuh berbeda dengan beberapa aktivitas lain seperti berlari. 

    Jok sepeda akan meningkatkan tekanan di daerah panggul, yang dapat memberikan tekanan pada saraf tertentu yang membawa sensasi dari panggul ke arah kaki Anda (disebut linu panggul). Hal ini dapat mengakibatkan rasa sakit pada salah satu atau kedua kaki, yang dapat menjalar ke kaki jika cukup parah.

    8. Bagus  Untuk  Melatih Keseimbangan Tubuh

    bersepeda
    Ilustrasi (Web)

    Bersepeda dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, sehingga cocok untuk program rehabilitasi. 

    Jika Anda mengalami kesulitan berjalan, bersepeda bisa menjadi cara yang baik untuk memperkuat otot-otot Anda.

    Baca Juga: 5 Wisata Keluarga di Jawa Timur Terpopuler dan Instagenic

    9. Melatih Kekuatan Kaki

    bersepeda
    Ilustrasi (Web)

    Dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah dan otot kaki. Membantu memperkuat paha, bokong, lutut dan betis. 

    Karena mengayuh pedal secara terus menerus saat bersepeda, hal ini meningkatkan jumlah kalori yang dibakar selama berolahraga dengan kecepatan yang stabil.

    10. Bersepeda Bisa Meningkatkan Mood loh…

    Bersepeda
    Ilustrasi (Web)

    Saat ini, sudah bukan rahasia lagi bahwa bersepeda baik untuk kesehatan. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, setelah berolahraga tubuh Anda akan menjadi lebih terstimulasi untuk memproduksi dopamin sehingga Anda dapat memulai hari dengan lebih semangat. 

    Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, manfaatnya juga akan dirasakan secara mental. Namun, manfaatnya bagi kesehatan akan didapatkan bila dilakukan secara rutin sehingga tidak ada salahnya yuk untuk memulainya dari sekarang. 

    (Rudi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img