spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Imbas Proyek Sodetan Ciliwung, Puluhan Rumah Warga Digusur

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menertibkan sedikintnya 59 bangunan liar di Jalan IPN Kebon Nanas, Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kamis (12/1/2023).

    Camat Jatinegara, Muchtar mengatakan, saat ini sudah 16 kepala keluarga (KK) yang telah menempati Rusun Cipinang Besar Utara (Cibesut).

    “Sudah 16 KK saat ini pindah ke Rusun Cibesut,” kata Muchtar, Jumat (13/1/2023).

    BACA JUGA: KPU dan Bawaslu Mengaku Kekurangan Dana, kok Bisa?

    Muchtar menyebut, warga yang menghuni rusun tersebut merupakan pindahan dari kontrakan yang terdampak Proyek Nasional Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) sebagai penanggulangan banjir di Jakarta.

    Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, sebelum penertiban dilakukan pihaknya telah melayangkan surat peringatan (SP) I, II, dan III.

    “Bangunan yang ada di sini tanpa izin. Kemudian berada di atas bantaran kali dan lahan yang digunakan ini adalah aset pemerintah,” kata Kusmanto, melansir IDN.

    Kusmanto menyebut, penertiban tersebut melibatkan petugas gabungan dari Satpol PP, PPSU, TNI-Polri.

    Penertiban, kata dia, dilakukan untuk proyek outlet sodetan Kali Ciliwung dan pelebaran Kali Cipinang. Warga yang tempat tinggalnya terdampak proyek direlokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara.

    “Hasil pendataan tercatat ada 26 KK (kepala keluarga) yang siap direlokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara,” kata dia.

    Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, proyek pembangunan sodetan Ciliwung dinilai sangat penting dalam upaya mengurangi dampak banjir.

    “Tentunya ini sangat diharapkan, sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ini proyek nasional, harus dilakukan percepatan. Mudah-mudahan harapan kita berjalan lancar,” kata Muhammad Anwar.

    Anwar menambahkan, pembangunan sodetan itu akan dibangun di Jalan IPN Kebon Nanas RT 009 RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

    Dia mengatakan, sodetan tersebut sebagai upaya penanganan banjir ataupun genangan dengan menyodet atau membuat terusan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img