spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Sapu Bersih 2 Laga Awal, Bandung BJB Tandamata Pimpin Klasemen Sementara Proliga 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata menuntaskan ambisi melakukan sapu bersih dua laga perdana pada seri Bandung putaran pertama Proliga 2023. Pada laga terakhir yang digelar di GOR Bola Voli Indoor Sabilulungan, komplek si Jalak Harupat, Soreang, Minggu (8/1/2023), Wilda Siti Nurfadhila dan kolega berhasil menekuk tim pendatang baru Jakarta BIN dalam tiga set langsung 25-16, 25-19, dan 25-16.

    Berkat kemenangan 3-0 atas Jakarta BIN, tim asuhan M. Alim Suseno pun bertengger di puncak klasemen sementara Proliga 2023. Bandung BJB Tandamata meraih poin 6 hasil dari dua kali kemenangan setelah sebelumnya mengalahkan Gresik Petrokimia 3-1 di laga perdana.

    “Alhamdulillah bisa meraih hasil maksimal di putaran pertama seri Bandung ini sebagai tuan rumah, ini jadi bekal untuk pertandingan selanjutnya di Purwokerto,” kata pelatih tim putri Bandung BJB Tandamata, M. Alim Suseso usai pertandingan, Minggu (8/1/2023).

    fokusjabar.id Bandung BJB Tandamata Proliga 2023
    Pemain Bandung BJB Tandamata, Nandita Ayu (#18) berusaha melewati blocker dua pemain Jakarta BIN. (FOTO: Istimewa)

    Meski demikian, Alim tetap akan melakukan evaluasi dari performa Wilda Siti Nurfadhila dan kolega. Tidak hanya dari pertandingan menghadapi Jakarta BIN, tapi juga pertandingan sebelumnya saat mengalahkan Gresik Petrokimia.

    “Saya selalu ingatkan pemain untuk tidak ‘main-main’ di setiap pertandingan. Mereka harus tetap fokus, nikmati setiap pertandingan, dan tidak pernah anggap remeh lawan. Ini terus kita evaluasi sehingga permainan tim bisa meningkat di setiap seri,” kata Alim.

    Pada laga terakhir di seri Bandung putaran pertama Proliga 2023, amunisi asing baru Bandung BJB Tandamata asal Turki, Ceren Kapucu pun pertama kali turun di laga kompetisi bola voli profesional tertinggi di Indonesia.

    Meski tidak tampil secara penuh, namun pebolavoli cantik dengan tinggi 194 cm ini cukup memberikan pengaruh. Postur tubuh menjulang ditambah dengan pengalaman sebagai pemain timnas Turki, membuat penampilannya cukup efektif dalam meraih poin maupun mendongkrak performa tim Bandung BJB Tandamata.

    “Ceren baru datang jadi kita tidak memaksakan dia tampil secara penuh, kondisi fisiknya belum fit 100 persen. Tapi untuk di Purwokerto, insha Allah bisa tampil penuh,” Alim menuturkan.

    fokusjabar.id Bandung BJB Tandamata Proliga 2023
    Pemain asing baru Bandung BJB Tandamata , Ceren Kapucu (#19) mencoba menehan serangan pemain Jakarta BIN. (FOTO: Istimewa)

    Kedatangan Ceren Kapucu pun disambut baik sang kapten tim, Wilda Siti Nurfadhila. Hadirnya pemain 29 tahun yang sebelumnya membela klub Brasil, Osasco ini mampu memberikan tambahan kepercayaan diri bagi penggawa lain di tim Bandung BJB Tandamata.

    “Seperti di pertandingan tadi yang sangat luar biasa dan seru, Alhamdulillah masih diberikan kemenangan. Ceren menambah percaya diri kita meski gak bisa over confidence karena perjalanan masih panjang, ini baru permulaan banget,” kata Wilda.

    Wilda meminta semua rekan-rekannya untuk tetap fokus karena semua pertandingan yang akan dihadapi tidak lah mudah. Pasalnya, semua tim yang mengikuti Proliga 2023 ini memiliki kemampuan yang cukup merata.

    “Harus bener-bener fokus di setiap pertandingan. Bagaimana dari awal sampai akhir itu kita menikmati pertandingan dan rileks, karena sekalinya down maka akan snagat sulit naik lagi. Termasuk nanti di Purwokerto saat melawan JPF (Jakarta Pertamina Fastron), mereka bukan lawan yang mudah dikalahkan,” Wilda menegaskan.

    BACA JUGA: Dihadiri Bobotoh, Ini Komentar Pelatih Persib

    fokusjabar.id Bandung BJB Tandamata Proliga 2023
    Pemain Jakarta BIN mencoba melewati block dua pemain Bandung BJB Tandamata. (FOTO: Istimewa)

    Sementara pelatih tim putri Jakarta BIN, Octavian mengaku kekalahan atas Bandung BJB Tandamata menjadi pelajaran berharga bagi timnya. Banyak hal yang harus dievaluasi untuk meningkatkan performa timnya kedepan lebih baik.

    “Terutama pemain asing (Jin Ye) yang belum maksimal. Mudah-mudahan dengan datangnya pemain asing baru, Jin bis alebih pede dan bisa bersama-sama mengangkat performa tim. Tapi di (pemain) lokal pun masih banya yang harus diperbaiki,” kata pelatih yang akrab disapa Ook ini.

    Bagi Ook, keberadaan pemain asing di tim putri pada gelaran Proliga memberikan pengaruh yang sangat besar. Hal ini terlihat di tim Bandung BJB Tandamata, dimana pemain asing mereka yakni Madeline Guillen mampu menjadi penyumbang angka terbanyak bagi timnya.

    “Kalau (pemain) asing bagus, bisa angkat mental pemain lokalnya seperti di BJB. Saat ini, pemain asing yang kita miliki belum terlalu memberikan pengaruh sama seperti pemain asing BJB yang baru asal Turki. Apalagi dengan jadwal Proliga yang sangat mepet, maka sisi mental pemain yang harus dijaga dan ditingkatkan. Itu jadi tantangan juga bagi tim pelatih,” Ook menegaskan.

    Pada laga sebelumnya di sektor putra, Tim Jakarta Bhayangkara Presisi meraih kemenangan kedua usai mengalahkan Jakarta BNI 46 dengan skor 3-0 (25-15, 25-19, 25-20), Minggu (8/1/2023). Sebelumnya, tim asuhan Toiran itu mengalahkan Palembang Bank SumselBabel dengan skor 3-0.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img