spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Bandung BJB Tandamata Lewati Hadangan Pertama, Lumat Gresik Petrokimia 3-1

    ​BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kemenangan perdana diraih tim putri Bandung BJB Tandamata pada gelaran Proliga 2023 di GOR bola voli indoor Sabilulungan, komplek olahraga si Jalak Harupat, Soreang, Kamis (5/1/2023). Pada laga perdananya, Wilda Siti Nurfadhilah dan kolega berhasil menaklukan perwakilan Jatim, Gresik Petrokimia dengan skor 3-1 (25-19, 22-25, 25-13, 25-18).

    Tampil sebagai tuan rumah, tim putri Bandung BJB Tandamata mendapatkan dukungan penonton yang memenuhi GOR bola voli indoor Sabilulungan. Tim asuhan M. Alim Suseno pun langsung tancap gas dengan menekan pertahanan tim putri Gresik Petrokimia.

    Spike keras pemain asing Bandung BJB Tandamata asal Rep. Dominika, Madeline Guillen maupun penggawa lokal seperti Nandita Ayu, Sari Hartati, serta dua quicker Wilda Siti Nurfadhilah dan Shella Bernadetha Onnan mampu merepotkan tim Gresik Petrokimia. Poin demi poin pun berhasil diraih dan tuan rumah Bandung BJB Tandamata menutup set pertama dengan skor 25-19.

    Di set berikutnya, Gresik Petrokimia yang diperkuat Mediol Stiovanny Yoku, Nety Dyah Puspitarani, Hany Budiarti serta dua pemain asing yakni Julieta Constanza dan Bohdana Anisova berupaya bangkit dari tekanan dan memberikan perlawanan. Kelengahan dari para srikandi Bandung BJB Tandamata berhasil dimanfaatkan Mediol dan kolega serta merebut set kedua dengan skot 25-22.

    Namun di dua set berikutnya, Wilda Siti dan kawan-kawan kembali pada performa terbaiknya. Spike keras maupun block rapat beberapa kali mampu mencetak poin demi poin.

    Alhasil, srikandi Bandung BJB Tandamata mampu merebut dua set tersebut dengan skor 25-13 dan 25-18. Anak asuhan M. Alim Suseno ini pun berhasil melewati hadangan pertama untuk mempertahankan titel juara Proliga di edisi ke-21 ini.

    “Gak bisa dipungkiri, beban tuan rumah ditambah juara bertahan itu pasti ada di benak para pemain. Ini terlihat saat set kedua kita kecolongan karena ritme permainan terbawa lawan yang akhirnya mampu menekan kita. Saya hanya mengingatkan ke anak-anak untuk main lepas, dan enjoy sehingga kemampuan mereka miliki bisa keluar,” kata Alim Suseno saat memberikan keterangan pers usai pertandingan, Kamis (5/1/2023).

    Alim menegaskan, pihaknya bersama jajaran manajemen sudah menetapkan target untuk gelaran Proliga 2023. Yakni dengan mempertahankan gelar juara yang diraih pada musim 2022 lalu.

    “Kita step by step dulu, target awal mengamankan posisi empat besar. Kuta ingin sapu bersih laga di Bandung ini dengan kemenangan meski tidak dipungkiri tekanan sebagai tuan rumah itu besar,” dia menambahkan.

    Pada perhelatan Proliga 2023, lanjut Alim, komposisi pemain Bandung BJB Tandamata didominasi atlet-atlet muda yang dikombinasikan dengan pemain senior. Salah satunya di posisi setter yang masih berusia muda.

    “Kita terus mencari komposisi tim terbaik dengan melakukan rotasi pemain yang paling siap untuk bertanding. Kita akan maksimalkan pemain yang saat ini kita miliki, terlepas satu pemain asing lain yang akan datang, kita terus evaluasi. Kalau soal persaingan, saya pikir di kelompok putri ini cukup merata, semua tim punya peluang,” Alim menegaskan.

    BACA JUGA: Menkominfo Johnny Plate Dikabarkan Mundur, Waketum NasDem Buka Suara

    fokusjabar.id Bandung BJB Tandamata Proliga 2023
    Pertandingan antara Bandung BJB Tandamata (biru) kontra Gresik Petrokimia (kuning) pada laga perdana Proliga 2023. (FOTO: Ageng)

    Sementara pelatih tim putri Gresik Petrokimia, Ayub Hidayat mengakui jika performa anak asuhnya di laga perdana Proliga 2023 belum maksimal. Kesalahan-kesalahan mendasar banyak dilakukan Mediol dan kawan-kawan sehingga mudah ditekan oleh para pemain Bandung BJB Tandamata.

    “Ini pertandingan pertama di kandang lawan dan menjadi beban bagi anak-anak sehingga banyak melakukan kesalahan. Bahkan saat tertinggal dari perolehan poin, anak-anak cepat drop. Masih untung kita bisa merebut satu set,” kata Ayub.

    Untuk menghadapi laga selanjutnya, Ayub bertekad memperbaiki performa dari para pemainnya. Pihaknya bersama tim manajemen sudah bertekad untuk mengulang sukses di tahun 2022 dengan melaju ke babak final dan bertekad finis di podium juara.

    “Pertandingan diharapkan menjadi motivasi dan bahan evaluasi bagi setiap pemain untuk tampil lebih baik. Tahun kemarin kita finalis dan kalah oleh Bandung BJB Tandamata di partai puncak, untuk tahun ini semoga lebih baik,” kata dia.

    Pada pertandingan lain di sektor putra, Jakarta LavAni Allo Bank mampu menggilas pendatang baru Jakarta BNI 46. Dihadapan presiden RI ke-4 Susilo Bambang Yudhoyono, Jakarta LavAni Allo Bank menang telak tiga set dengan skor 25-20, 25-23, dan 25-20.

    Laga lain di sektor putra, berhadapan antara Surabaya BIN Samator kontra Palembang Bank Sumsel Babel yang saat berita disusun masih berlangsung dengan skor sama kuat 2-2. Laga terakhir di hari pertama gelaran Proliga 2023 putaran pertama seri Bandung, akan berhadapan antara Jakarta STIN BIN kontra Kudus Sukun Badak.


    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img