spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Tim Posko Respon Persis Jadi Bagian dari Recovery Cianjur

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Posko Persatuan Islam (Persis) sejak awal hingga recovery ikut andil pada penanggulangan gempa dan longsor Cianjur yang terjadi Senin (21/12/2022).

    Di bawah komando PD Persis Kabupaten Cianjur, seluruh otonom serta lembaga di bawahnya seperti Persistri, Pemuda, Pemudi, Hima, Himi, IPP, IPPi, Sigab, Brigade, hingga LAZ Persis bersinergi membantu para penyitas.

    Sebagai data awal, terdapat dua lokasi fokus utama pendataan penyitas, yakni PC PERSIS Pacet dan juga PC PERSIS Cianjur sebagai lokasi terdampak parah.

    Persis
    Huntara yang dibangun Persis di Cianjur (ist)

    Sambil menggalang dana melalui LAZ Persis, tim Posko Respon Persis pun terus bergerak melakukan assessment awal dengan Sigab Korda Cianjur sebagai penggerak di lapangan.

    BACA JUGA: Jelang Muktamar XVI, Persis Gelar Sidang Lengkap V

    “Seluruh jamaah Persis yang ada di Kabupaten Cianjur disisir, apakah menjadi korban gempa atau tidak. Setelah itu, pengiriman logistik, seperti sembako, pakaian, selimut, baby kit, hingga terpal dilakukan,” kata Korlap Trim Posko Respon Persis Ade Ipan Rustandi melalui rilisnya, Jumat (30/12/2022).

    Proses assessment dan distribusi logistik di awal, kata Ipan, sempat terhambat akibat macet dan medan yang terjal.

    “Ada beberapa jamaah Persis menjadi korban dan harus mengungsi, seperti di Jalan Raya Cugenang yang terdampak 3 KK dan 10 jiwa, Kampung Nanguek 196 orang. Di sekitar Masjid Al-Furqan 30 orang, Desa Tegallaja 118 orang, Mekar Baru 63 orang, Gg. Laksana 15 orang. Ada juga 12 orang di Kampung Gintung, Kampung Mangunkerta 100 orang,” kata Ipan.

    Setelah melakukan assessment dan perbaharuan data, Posko Respon Persis juga menyertakan tim kesehatan untuk melakukan pemeriksaan dasar kepada para penyitas di seluruh titik pendataan.

    Persis
    Tim Persis dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Cianjur (ist)

    Sambil terus mendistribusikan logistik, tim juga mulai membangun mushola darurat, tempat wudhu, hingga MCK. Terakhir yang menjadi perhatian adalah pembangunan hunian sementara (Huntara) Tenda Keluarga.

    “Kami berharap pembanghnan seluruh fasilitas masyarakat itu menjadi dakwah bil hal yang bisa dilakukan Persis, serta menjadi bagian dari saling membantu terhadap sesama. Himpunan Psikologi Indonesia Jawa Barat (HIMSPI Jabar) ikut bergabung dalam kegiatan pendampingan psikososial,” kata dia.

    Saat ini pendampingan dikoordinasi oleh PD Persistri Cianjur, diwakili PD IPTK PAUD Persis yang terjun ke setiap huntara yang telah berdiri. Meski pada awalnya tim melakukan assessment di jama’ah-jama’ah sebagai titik fokus utama, akhirnya seluruh masyarakat umum di sekitar jama’ah, pun ikut mendapat bantuan,” kata dia.

    Hingga kini, tim Posko Respon Persis telah membangun 203 unit huntara dari target 251 unit yang tersebar di 12 lokasi.

    Huntara itu di Buniaga, Benjot, Seuseupan, Burangkeng, Pasiripis, Kedunggirang, Gintung, Babakan Bandung, Lebak Songgom, Kedunghilir Garogol, dan Panumbangan.

    Tim kesehatan juga telah membantu sekitar 1.091 pasien yang tersebar di 6 kecamatan dan 24 kampung/ desa.

    BACA JUGA:Patahan Cugenang Ditemukan Usai Gempa Cianjur

    “Semoga dengan gerakan ini ada banyak penerima manfaat yang terbantu, hingga benar-benar menjadi sumbangsih dari Persis demi pulihnya kembali kondisi Cianjur,” kata Ade Ipan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img