spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Pakar Politik Sarankan Emil ke Jakarta

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pakar Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi mengatakan ada tiga opsi yang bisa menjadi pilihan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) pada Pemilu 2024.

    Opsi pertama adalah menjadi calon presiden RI, opsi kedua adalah Cawapres. Melihat kans Emil di nasional kurang bagus Muradi menyarankan untuk memilih opsi ketiga, yakni kembali ke Jabar atau DKI Jakarta.

    “Balik ke Jabar atau mencoba peruntungan di Pilgub DKI Jakarta,” kata Muradi di Bandung, Senin (19/12/2022).

    Muradi lebih menyarankan Emil ke DKI Jakarta, terlebih DKI memiliki undang-undang khusus yang memungkinkan Emil bisa turun langsung ke bawah.

    BACA JUGA: Maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Harus Segera Tentukan Parpol

    “Selain belum ada calon lain untuk DKI, saya pikir sosok Emil yang kreatif dibutuhkan dan di sana bisa jadi panggungnya,” kata dia.

    Tidak hanya itu, karakter Emil yang memahami tata kota pun lebih memilih ruang di Jakarta.

    Jika opsi kedua gagal, kata Muradi, Emil bisa kembali ke Jabar atau mencoba DKI sebagai calon perorangan, dan tinggal negosiasi dengan DPRD kalau terpilih, begitupun di Jakarta.

    “Karakternya seniman dan kurang bisa dipegang, lebih ingin independen, lebih bagus ngumpulin KTP, dan dia cukup modal untuk maju perseorangan,” kata dia.

    Kendati begitu, dengan partai tetap harus dekat. Kalaupun masuk di partai, pihaknya menyarankan agar membangun partai dan tidak hanya menjadikan parpol sebagai kendaraan politik saja.

    “Hemat saya Emil ke Jakarta. Dia akan lebih leluasa mengatur Jakarta dan turun ke level bawah,” kata dia.

    Direktur Operasional & Data Strategis IPRC Idil Akbar menyebut bahwa kans Emil di nasional berada di bawah 5 persen dan stagnan.

    “Semakin ke sini bahkan trennya semakin menurun,” kata Idil.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img