spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Bapenda Jabar Luncurkan Samsat Information Center, Konsultasi dan Pengaduan Bisa Diakses 24 Jam

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Jabar, Dedi Taufik menyampaikan komitmen inovasi transformasi layanan berbasis digital kepada masyarakat terus dilakukan. Fitur Samsat Information Center  (SIM-C) di dalam ekosistem Jabar Super Apps bernama Sapawarga menjadi salah satu perwujudannya.

    SIM-C ini resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersamaan dengan Jabar Super Apps di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (18/12/2022). Dedi Taufik pun hadir mendampinginya.

    “Ini adalah peristiwa bersejarah, kami membuat super apps, semua aplikasi semua urusan di tahap berikutnya akan berkumpul jadi satu. Per hari ini urusan perpajakan, dimana kita bayar hanya empat langkah. Kita doakan dalam waktu dekat pengesahan tidak ke kantor polisi, sedang diusahakan,” kata Ridwan Kamil, dalam rilis yang diterima.

    BACA JUGA: Bapenda Jabar Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Prima

    Sementara itu, Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menjelaskan layanan SIM C ini bisa dimanfaatkan publik, khususnya wajib pajak mendapatkan informasi atau membuat aduan selama 24 jam melalui call center 150-410 maupun WhatsApp 0811-2230-1818.

    “Ini adalah inovasi Bapenda Jabar menerjemahkan amanat Pak Gubernur (Ridwan Kamil) soal pelayanan kepada publik harus maksimal, mempermudah penyampaian informasi melalui pemanfaatan memanfaatkan teknologi digital,” kata Kepala Bapenda, Dedi Taufik.

    Menurutnya, bagian dari integrasi pelayanan informasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berisi konsultasi pajak, pengaduan, penelusuran, penagihan, juga wajib pajak bisa mengetahui program strategis dan implementasi kebijakan, promo, termasuk informasi lokasi dan jadwal samsat keliling.

    “Beberapa layanan bisa diakses bisa 24 jam,” kata dia.

    Selain fokus pada layanan, transformasi digital layanan publik ini pun menjadi bagian penting Bapenda Jabar dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah, setelah sebelumnya sudah membuat layanan pembayaran pajak online melalui New Sambara.

    Ia mengapresiasi semua pemerintah daerah, lembaga terkait yang terlibat aktif, khususnya para wajib pajak yang berkontribusi secara langsung dalam pembangunan Jawa Barat.

    Dedi Taufik menyatakan bahwa penguatan mengenai integrasi layanan digital publik ini disertai penandatanganan komitmen antara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beserta bupati walikota.

    “Kerjasama dan dukungan pemerintah kabupaten kota dalam pengelolaan pajak Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak,” ucap Dedi Taufik.

    Sementara itu, Jabar Super Apps bernama Sapawarga merupakan aplikasi layanan publik terintegrasi untuk memudahkan warga mengakses ragam layanan publik di Jawa Barat secara digital dengan lebih cepat. Penajaman aplikasi Sapawarga merupakan kolaborasi berbagai dinas, yakni Diskominfo Jabar, Bapenda Jabar, Disnakertrans Jabar, dan Dinkes Jabar. 

    Sapawarga juga terintegrasi dengan Pikobar yang selama ini memberikan layanan untuk penanganan COVID-19. Layanan pembayaran pajak online (Sambara) sudah menjadi fitur yang ada di dalamnya. 

    BACA JUGA: Jadi Ketua APPDI, Kepala Bapenda Jabar Siap Tancap Gas

    Informasi lain Lowongan Pekerjaan (Si Juara) untuk dapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kompetensi, dan Layanan COVID-19 (Pikobar) sebagai sumber informasi terkait kondisi pandemic, termasuk layanan informasi, jadwal vaksinasi, konsultasi dokter, hingga permohonan vitamin. 

    Fitur lainnya bernama Agenda Jawa Barat yang menampilkan aktivitas perangkat daerah dan kegiatan yang dapat diikuti masyarakat umum, dan fitur Profil Jawa Barat bagi yang ingin berkenalan dengan Jabar melalui sejarah sampai sistem pemerintahannya.

    Berita Terbaru

    spot_img