spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Kirim 91 Atlet di Kejurnas Taekwondo 2022

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat mengirimkan 90 atlet lebih untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo tingkat Senior, Junior dan Cadet tahun 2022. Kejurnas kali ini diselenggarakan di Indoor Stadium Benteng Taruna Sport Center, Tanggerang, Banten, 15-18 Desember 2022.

    Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jabar, Bayu Frimansyah mengatakan, total atlet yang dikirim terbagi di tiga kategori usia yang dipertandingkan pada kejurnas kali ini. Yakni di kelompok senior, junior dan kadet.

    “Totalnya 91 atlet asal Jabar yang dikirimkan mengikuti kejurnas. Dengan rincian 27 atlet di kelompok senior, 34 atlet di kelompok junior, dan 30 atlet di kategori cadet,” kata Bayu saat ditemui di sekretariat Pengprov TI Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (13/12/2022).

    Untuk kategori senior, lanjut Bayu, pengiriman atlet menjadi tanggungjawab pengprov. Yakni 16 atlet kyorugi ditambah 11 atlet poomsae.

    “Untuk kelompok junior dan cadet, kita serahkan kepaa pengcab TI kota/kabupaten masing-masing. Sedangkan untuk atlet senior, kita panggil berdasarkan hasil pemantauan di Porprov XIV Jabar beberapa waktu lalu,” dia menambahkan.

    Kejurnas kali ini, kata Bayu, menjadi salah satu ajang bagi pihaknya mengasah kemampuan atlet sekaligus ajang persiapan awal untuk menghadapi PON XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh. Selain itu, pada ajang kejurnas kali ini pun dimanfaatkan untuk mencari bibit-bibit atlet sebagai pelapis atlet senior.

    “Bukan tidak mungkin kita akan mengambil atlet-atlet junior atau cadet untuk persiapan PON XXI mendatang, karena kita belum membentuk tim inti untuk menghadapi babak kualifikasi. Kita lihat di ajang kejurnas ini bagaimana performa mereka,” Bayu menuturkan.

    BACA JUGA: Argentina Melaju ke Final Piala Dunia 2022

    fokusjabar.id kejurnas taekwondo Jabar
    Tim Taekwondo Senior Jabar berfoto bersama usai acara pelepasan menuju Kejurnas 2022. (FOTO: Istimewa)

    Kejurnas Taekwondo 2022 kali ini pun menjadi ajang seleksi atlet untuk masuk dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas). Sebanyak 773 atlet dari 31 provinsi di Indonesia akan bersaing pada dua nomor pertandingan yakni kyorugi (tarung) dan poomsae (jurus) di tiga kategori usia.

    Sebanyak 287 atlet akan bertanding di kategori senior, 264 atlet dikategori junior, dan sebanyak 222 atlet akan bertarung di kategori cadet. Kejurnas Taekwondo 2022 pun berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, karena atlet yang bersaing merupakan yang terbaik dari kejuaraan antar-wilayah (kejurwil) yang dalam pelaksanaanya dibagi dalam enam wilayah.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img