spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemkot Bandung Buka Donasi untuk ASN dan Pengusaha

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemkot Bandung menerjunkan satu regu pasukan penyelamatan dan pencarian (Search And Rescue) dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) ke Cianjur.

    Sekretaris Daerah (Sekda) kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, selain menyiagakan dua rumah sakit milik Pemkot Bandung, satu regu pasukan Rescue dipimpin langsung Kadiskar PB.

    Ema menyebut, untuk Rumah Sakit di Kota Bandung sendiri, sudah menangani sebanyak 70 korban gempa Kabupaten Cianjur. Pemkot juga mengirimkan ambulans dan tenaga kesehatan ke Cianjur.

    BACA JUGA: Tekan Inflasi, DKKP Kota Bandung Gelar Pangan Murah

    “Termasuk kita terima rujukan masyarakat yang terkena musibah di sana (Cianjur). Tadinya ada 11 orang yang dirawat, sekarang sudah ada 70 orang yang dirawat di Kota Bandung,” kata Ema di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar, Rabu (23/11/2022).

    Oleh karena itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung terkait bantuan penanganan korban gempa Cianjur.

    “Korban gempa dirawat di sejumlah rumah sakit, seperti RSU Bandung Kiwari, RSUD Kota Bandung dan lainnya. Pasien ini di luar dari data korban yang ada di RSHS,” ucapnya.

    Tak hanya itu, kota Bandung juga telah mengirimkan 20 unit ambulans dan personel dari Dinas Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung yang diterjunkan ke lokasi bencana gempa Cianjur.

    “Petugas pemadam kebakaran ini membantu merobohkan bangunan-bangunan yang terkena gempa,” katanya.

    BACA JUGA: Struktur Bangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung Didesain Tahan Gempa

    Selain itu, pihaknya berencana akan mengumpulkan donasi dari ASN dan pengusaha di Kota Bandung.

    “Ini sifatnya imbauan, bukan paksaan. Nanti dikoordinasikan dengan Disdagin. Dari informasi yang kita terima, yang dibutuhkan itu adalah selimut, pakaian layak, makanan siap saji dan lainnya. Kalau sudah terkumpul, nanti Senin langsung ke sana (Cianjur),” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img