spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    BI Ajak Warga dan Pemkot Tasikmalaya Cegah Ancaman Resesi Ekonomi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya bersama Pemerintah Daerah (Pemda) serta Stakeholder lainnya akan meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi menceha ancaman resesi ekonomi.

    “Semua harus berperan dalam meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat agar daya beli meningkat dan inflasi dapat ditekan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya Aswin Kosotali Selasa (22/11/22).

    Aswin menjelaskan, kondisi perekonomian secara global mulai mengalami resesi yang cukup mengkhawatirkan sehingga perlu upaya yang konkrit untuk mengantisipasi.

    BACA JUGA: 71 Korban Gempa Cianjur Dirawat di RSHS Bandung

    “Kita harus berkolaborasi untuk menjaga potensi Inflasi dan membantu pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

    Menurutnya, resesi ekonomi yang mungkin terjadi akan mempengaruhi stabilitas ekonomi yang berakibat terjadinya inflasi, maka pemerintah mengeluarkan program gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP).

    “Gerakan ini sebagai langkah untuk menjaga inflasi sektor pangan serta memastikan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

    Salah upaya untuk mengendalikan inflasi, Bank Indonesia bersama Pemkot Tasikmalaya menggelar Pasar Murah Rakyat di 10 Kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya.

    “Pasar Murah Rakyat upaya strategis untuk menjaga pasokan Pangan masyarakat sehingga menjaga harga serta memastikan pasokan pangan tetap terjaga dan terkendali,” kata dia.

    BACA JUGA: Hadapi Resesi Ekonomi, Disperindag Jabar Siap Lakukan Rencana Aksi

    Saat ini tingkat inflasi di Kota Tasikmalaya cukup tinggi sudah di angka 6,57 (YoY), kata dia, Inflasi ini harus menjadi perhatian serius semua agar tingkat inflasi ini dapat ditekan, pasalnya jika inflasi tinggi, akan mengancam pertumbuhan ekonomi.

    “Dengan program GNPIP, serta kolaborasi semua pihak dalam menekan gejolak harga, maka kita upayakan akhir tahun ini Inflasi secara keseluruhan pasti semakin rendah,” katanya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img