spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Ganjar Pranowo Dukung Gibran Jadi Cagub Jateng, Sekjen PDIP Bersuara

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, merespon pernyataan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Cagub Jawa Tengah (Jateng).

    Hasto mengatakan, PDI Perjuangan memiliki sejumlah kader sebagai pemimpin.

    “Kalau di dalam kerangka pemilu eksekutif, pemilu kada, itu kan pada November 2024, yang datang. Nah, sehingga DPP PDI Perjuangan ya mempersiapkan seluruh kader-kader partai sebagai calon pemimpin,” kata Hasto di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

    BACA JUGA: Sejarah Julukan ‘Hantu Laut’ yang Melekat pada Korps Marinir TNI AL

    “Termasuk menduduki posisi sebagai Gubernur di Jakarta maupun Gubernur di Jawa Tengah, termasuk juga di Jawa Timur, dan provinsi lainnya. Itu dipersiapkan melalui mekanisme yang sistemik oleh partai,” sambungnya, seperti dilansir IDN.

    Meski demikian, Hasto enggan menjawab pertanyaan apakah PDIP akan memanggil Ganjar terkait dukungannya kepada Gibran.

    Sebelumnya, dukungan Ganjar kepada Gibran diungkapkan usai menghadiri acara UMKM Jateng goes to France di Solo Techno Park, Rabu (9/11/2022).

    Kendati belum ada obrolan soal langkah politik putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut, Ganjar secara terang-terangan mendukung Gibran jika nantinya akan mencalonkan diri sebagai gubernur tahun 2024.

    “Belum (ada obrolan, tapi) nek iki (Gibran) tak dukung ngono wae (kalau ini saya mendukung gitu),” katanya.

    Ditanya soal daerah yang cocok untuk dipimpin Gibran antara DKI Jakarta dan Jawa Tengah, Ganjar enggan memberikan rekomendasi khusus. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Gibran.

    “Ya menurut Mas Gibran saja sing arep maju Mas Gibran kok (yang mau maju mas Gibran), ya terserah dia, kamu tanya dia dulu,” katanya.

    Ganjar bahkan langsung menanyakan hal tersebut kepada Gibran yang saat itu berada di lokasi yang sama.

    “Mas (Gibran) mau jadi Jateng satu apa gak ini ditanyain, apa DKI satu, takokke wonge langsung wong enek (ditanyain orangnya langsung mumpung ada),” terangnya.

    Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mendengar pertanyaan Ganjar soal keputusannya maju Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

    “Lha aku ra krungu kok, kan aku ning buri ra krungu (saya tidak mendengar, kan saya ada di belakang tidak mendengar),” ujarnya saat ditemui di Balaikota Solo.

    Kendati demikian, Gibran mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Ganjar kepadanya.

    “Ya makasih ya,” katanya.

    Ditanya soal langkah politiknya kedepan, Gibran mengaku jika hal tersebut belum dipikirkannya, ia masih menyelesaikan tugasnya di Solo.

    “Belum belum nanti saja. Urusan kui gampang, ngerampungke Solo sik (urusan ini gampang, selesaikan di Solo dulu),” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img