spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Anggota DPRD Ciamis Segera Fasilitasi Rumah Warga Roboh Akibat Hujan Deras

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebuah rumah milik Daman (60) warga RT 01/03 lingkungan Desakolot, Kelurahan Linggasari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat roboh akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis baru-baru ini. 

    Menurut Ketua RT di lingkungan tersebut Rojikin kejadian yang dialami warganya itu terjadi pada Selasa 15 November 2022 pukul 02.10 WIB dini hari tadi. 

    Awalnya korban mendengar suara suara yg tidak biasa seperti rumah yang mau roboh,  korban pun keluar rumah dan memberitahukan kepada tetangga terdekat. 

    BACA JUGA: Pj Wali Kota Tasikmalaya Tinggal di Rumah Kontrakan

    “Sekira jam dua dapur dan sebagian teras rumah roboh. Korban tinggal sendirian dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata dia. 

    Rojikin mengatakan rumah milik pria yang diketahui bekerja sebagai pemulung itu roboh akibat lapuk dimakan usia serta diguyur hujan yang intensitasnya cukup tinggi.

    Disinggung rumah korban terdata dalam program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Rojikin menjelaskan bahwa kepemilikan tanah rumah korban itu tidak jelas, 

    “Jadi tidak dapat bantuan program renovasi  Rutilahu,” kata dia.

    Semenetara itu anggota DPRD Ciamis Nurmutaqin langsung meninjau rumah roboh akibat hujan deras tersebut. Dirinya mengaku turut prihatin dengan kejadian tersebut.

    Dia mengatakan pihaknya akan membantu untuk meminta dan mendorong agar kejadian ini direspon dengan cepat oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. 

    “Nanti saya akan komunikasikan supaya pemerintah kabupaten Ciamis dan pihak-pihak terkait bisa segera membantu rumah korban karena pemilik rumah ini berstatus miskin,” kata anggota DPRD dari fraksi Demokrat ini.

    Kondisi saat ini dikatakan politikus dari Partai Demokrat ini memang sudah dibantu untuk dievakuasi baik dari DPRKPLH, TNI Polri, pihak Kecamatan dan Baznas Kabupaten Ciamis. 

    BACA JUGA: Warga Korban Banjir Ciamis Kekurangan Bantuan

    “Masyarakat pun ikut bergotong royong membersihkan dinding rumah sehingga tidak terjadi kecelakaan lanjutan inshaallah berkat dorongan semua pihak rumah bersangkutan bisa segera di bangun melalui program rutilahu dan DPRKPLH Ciamis, walaupun status tanah menjadi kendala sementara mau diselesaikan terlebih dulu,” katanya. 

    Sementara itu konsultan Individu DPRKPLH Asep Gumilar merespon terkait rumah yang roboh untuk penanganan RTLH Dengan memberikan solusi segera pemerintah setempat membuat usulan kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui DPRKPLH untuk segera ditindaklanjuti.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img