spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Karate Kota Bandung Siap Tarung dan Jadi Juara di Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penguatan mental bertanding menjadi poin penting yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan atlet karate Kota Bandung menjelang ‘pertarungan’ di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022. Hal tersebut menjadi pesan utama yang disampaikan Dandim 0618/Kota Bandung, Kolonel Inf Donny I. Bainuri maupun Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya saat melepas tim karate Kota Bandung di tempat terpisan, Kamis (3/11/2022).

    Tim karate Kota Bandung yang dihuni 17 atlet dilepas secara terpisah di dua lokasi berbeda yakni di Markas Kodim 0618/Kota Bandung dan gedung DPRD Kota Bandung, Kamis (3/11/2022). Usai dilepas di dua lokasi berbeda, tim karate Kota Bandung langsung bertolak menuju Subang sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga karate pada Porprov XIV Jabar.

    Pelepasan pertama dilakukan di Makodim 0618/Kota Bandung oleh Dandim 0618/Kota Bandung, Kolonel Inf Donny I. Bainuri. Markas militer di Jalan Bangka No. 2 Kota Bandung itu sebelumnya menjadi lokasi pemusatan latihan tim karate Kota Bandung dalam satu bulan terakhir.

    fokusjabar.id karate kota bandung porprov xiv jabar
    Ketua FORKI Kota Bandung, Agung Satria Negara (kanan) melakukan salam komando dengan Dandim 0618/Kota Bandung, Kolonel Inf Donny I. Bainuri. (FOTO: Ageng)

    “Para atlet ini sudah berlatih sekitar satu bulan disini dan siap melaksanakan pertandingan. Tidak hanya pembentukan dari sisi teknik dan fisik tapi juga mental mereka digembleng disini sehingga lebih siap saat bertanding di laga sebenarnya saat Porprov XIV Jabar nanti,” kata Donny usai melepas tim karate Kota Bandung, Kamis (3/11/2022).

    Meski secara fisik dan teknik sudah siap, kata Donny, faktor mental bertanding menjadi salah satu sisi yang harus terus dijaga dan ditingkatkan. Untuk itu, jajaran pelatih, ofisial dan manager harus terus menjaganya selain faktor teknik dan fisik.

    “Minta doa restu kepada orang tua dan orang-orang tersayang serta tetap berserah diri kepada Tuhan sebelum bertanding. Upaya maksimal sudah disiapkan dan dilakukan, tinggal pembuktian di matras pertandingan. Saya yakin kita pasti juara,” Donny menegaskan.

    BACA JUGA: Medali Emas Bersama di OWS, Ini Penjelasan PRSI Jabar

    Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya saat melepas tim karate Kota Bandung di gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi. Edwin menegaskan jika pihaknya akan terus memberi dukungan bagi semua warga yang akan mengharumkan Kota Bandung termasuk bagi para atlet karate yang akan berlaga di Porprov XIV Jabar.

    “Salah satu bentuk dukungan kami yakni dengan mendorong pemerintah memberikan bantuan anggaran yang cukup bagi KONI Kota Bandung. Karena itu, tidak ada kata lain, Kota Bandung harus menjadi juara umum karena selama ini atlet Kota Bandung selalu menjadi andalan Jabar saat di PON meski gagal menjadi juara umum di porprov sebelumnya,” kata Edwin.

    Dari sisi persiapan, Edwin yakin jika para atlet dan seluruh jajaran tim sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan pemusatan latihan di Kodim 0618/Kota Bandung. Baik secara teknik maupun fisik.

    “Tinggal penguatan dari sisi mental sehingga bisa menampilkan performa terbaik saat pertandingan nanti untuk meraih hasil yang terbaik. Selain melepas, kita mengiringi mereka dengan doa sehingga tim Karate Kota Bandung bisa mempertahankan juara umum sekaligus mendulang medali sebanyak-banyaknya,” kata politisi dari Partai Golkar ini.

    Dukungan yang sama diungkapkan perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Sigit Iskandar. Selain dukungan secara materil melalui bantuan anggaran, uang transport, akomodasi, hingga uang kepret yang dikelola KONI Kota Bandung, pihaknya pun tak akan lepas memberi semangat dan wejangan.

    “Untuk menambah motivasi para atlet, Pemkot Bandung pun sudah mempersiapkan bonus bagi atlet-atlet yang berprestasi di Porprov XIV Jabar. Kita pun akan mengupayakan bonus tersebut bisa diterima atlet di tahun ini, tidak lewat tahun,” kata Sigit.

    Motivasi pun disampaikan Wakil Ketua II KONI Kota Bandung, Mulyana. Sebagai salah satu cabang olahraga andalah, karate diharapkan bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Kota Bandung di Porprov XIV Jabar.

    “Di setiap perhelatan porprov Jabar, karate selalu menjadi andalan Kota Bandung dan menyumbangkan banyak medali emas. Kita berharap di Porprov XIV Jabar kali ini bisa mempertahankan prestasinya dan kembali menjadi juara umum. Kita sudah siapkan bonus langsung saat atlet berhasil meraih medali emas,” kata Mulyana.

    BACA JUGA: Untuk Anggaran Pilkada 2024, Pemkab Tasikmalaya Usulkan Rp165 Miliar

    fokusjabar.id karate kota bandung porprov xiv jabar
    Tim karate Kota Bandung siap bertarung dan mempertahankan juara umum POrprov XIV Jabar. (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua FORKI Kota Bandung, Agung Satria Negara sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari Kodim 0618/Kota Bandung, DPRD Kota Bandung, Pemkot Bandung hingga KONI Kota Bandung. Pihaknya bertekad untuk mengeluarkan performa terbaik pada Porprov XIV Jabar dan kembali pulang dengan meraih medali emas terbanyak.

    “Kita sudah lakukan pemusatan latihan satu bulan di Kodim 0618/Kota Bandung dan Alhamdulilah, karate Kota Bandung berhasil lolos di semua nomor pertandingan dengan kekuatan 17 atlet. Untuk target, tentu saja kita bertekad menjadi juara umum. Ikhtiar sudah kita lakukan, sekarang kita siap tempur dan Insya Allah menang,” kata Agung.

    Atlet yang akan menjadi tumpuan tim karate Kota Bandung, kata Edwin, merupakan yang terbaik dari perguruan-perguruan karate di Kota Bandung. Komposisi atlet pun diisi oleh atlet-atlet muda yang sebagian besar merupakan jebolan dari PPLPD Kota Bandung.

    “Meski demikian, kami yakin dengan kemampuan atlet. Dari 17 atlet kita akan bertanding di 17 kelas pertandingan dan mudah-mudahan bisa melampaui raihan empat medali emas di porprov jabar sebelumnya. Ditambah dengan wejangan dari tokoh-tokoh di Kota Bandung, terutama dari Kang Edwin yang merupakan tokoh bela diri di Kota Bandung atau bahkan di Indonesia, ini menjadi tambahan semangat bagi para atlet,” kata Agung.

    Cabang olahraga karate pada Porprov XIV Jabar sendiri akan dipertandingan di Kabupaten Subang, 7-11 November 2022. Sebanyak 17 nomor pertandingan akan dilombakan dengan rincian 9 kelas di kelompok putra dan 8 kelas di kelompok putri.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img