spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    PPL Pertanian Ciamis Harus Menguasai Teknologi Untuk Tingkatkan Kualitas

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Ciamis akan melatih Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian agar menguasai teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. 

    Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dihindari dari berbagai bidang termasuk pertanian, terlebih PPL merupakan posisi yang strategis dalam kemajuan pertanian. 

    “Kalau PPL nya mempunyai ilmu pertanian yang mumpuni dipastikan para petaninya bisa berdaya saing dengan kondisi zaman yang beradaptasi dengan teknologi saat ini atau masa mendatang,” kata Yana di acara Jambore Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) se Kabupaten Ciamis di Kopi Jati Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Selasa (1/11/2022).

    BACA JUGA: Warga Ciamis Digegerkan Dengan Penemuan Mayat Bayi Di Saluran Irigasi

    Ciamis merupakan daerah agraris dengan potensi pertanian yang sangat besar maka, kata Yana, petani harus mendapatkan arahan dan bimbingan dari PPL untuk meningkatkan kualitas pertanian dan menggali potensi pertanian yang ada.

    “Ekonomi masyarakat Ciamis bisa bertahan saat terjadi badai Covid-19 karena masyarakatnya sebagian besar petani,” ucapnya.

    Yana melanjutkan, untuk mempersiapkan para petani agar bisa mengimbangi situasi zaman saat ini peran PPL sangat strategis.

    “Kita persiapkan sumber daya manusianya dulu agar teknologi tepat guna di bidang  pertanian bisa direalisasikan,” kata dia.

    BACA JUGA: Sidang Ferdy Sambo: Nama 2 Perempuan Ayu dan Vita Menyeruak

    Sementara itu Ketua panitia Jambore PPL Awan menjelaskan, kegiatan Jambore tersebut merupakan ajang silaturahmi dan berbagi ilmu antar PPL dalam upaya meningkatkan kapasitasnya.

    “Jambore ini sebagai kegiatan saling berbagi ilmu dan pengalaman diantara mereka, ” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img