spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Diguyur Hujan, TPT Perum Kertasari Ciamis Ambruk

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) menyebabkan sebuah Tembok Penahan Tebing (TPT) di Perumahan Kertasari blok 5 Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg ambruk, Selasa (25/10/2022) malam. 

    Ketua RT setempat, Wawan mengatakan, Tembok Penahan Tebing tersebut ambruk saat hujan deras mengguyur sejak sore hingga malam hari. 

    BACA JUGA: Longsor Menerjang Gunungsari Ciamis Hingga Tutup Jalan

    “Lokasi longsor di blok 5 Perum Kertasari dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU),” kata Wawan, Rabu (26/10/2022). 

    Dia menyebut, TPT tersebut ambruk sekitar pukul 21.30 WIB, saat warga tengah melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

    “Tidak ada korban jiwa. Saat TPT ambruk, semua warga sedang berada di masjid melaksanakan Maulid Nabi,” ucapnya. 

    Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Yayan mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk  mendatangkan alat berat.

    “Ini material Tembok Penahan Tebing menutupi jalan. Jika tidak pakai alat berat pasti lama. Jadi kami koordinasi dengan PUPR untuk mendatangkan alat berat ke lokasi,” jelasnya. 

    Pihaknya mengimbau agar warga selalu waspada saat musim hujan karena rawan terjadi bencana alam. 

    “Kita harus selalu waspada saat musim penghujan. Lebih baik mencegah sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” pungkasnya. 

    BACA JUGA: Sungai Cisepet Meluap Jalan Beregbeg-Sukadana Banjir

    Pantauan di lokasi, saat ini warga bersama para petugas BPBD sedang berupaya membersihkan material Tembok Penahan Tebing yang ambruk dengan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR Ciamis.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, ruas Jalan penghubung Kecamatan Baregbeg dengan Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, tepatnya di Desa Petirhilir tergenang air dari luapan Sungai Cisepet, Selasa (25/10/2022).

    “Tadi sore kami mendapat laporan ada ruas jalan yang tergenang air dari luapan sungai Cisepet di wilayah Desa Petirhilir,” kata ketua Tagana Ciamis Ade Waluya, .

    Ade menuturkan, akibat meluapnya air dari aliran Sungai Cisepet tersebut sejumlah kendaraan yang memaksa menerobos genangan mengalami mati mesin (Mogok).

    (Fauza/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img