spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Tes IVA Dan Sadanis

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Gebyar HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, gelar aksi peduli kanker serviks dan payudara, Senin (10/8/2022).

    Ratusan ibu rumah tangga warga sekitar Singaparna dan ibu-ibu anggota DWP Kemenag, rela mengantre untuk mengikuti tes IVA dan Sadanis di aula Kantor Kemenag, sebagai upaya dini cek penyakit khas perempuan.

    Ketua DPW Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Hj. Nur Nurhayati Usep mengatakan, HUT ke-77 Kemerdekaan RI menjadi momentum kepedulian terhadap ibu-ibu.

    BACA JUGA: Penyintas HIV/AID Di Tasikmalaya Meningkat Tajam, Manonjaya Paling Banyak

    “Alhamdulilah pesertanya banyak, karena mereka paham manfaat pemeriksaan alat reproduksi untuk deteksi adanya penyakit berbahaya dalam organ kewanitaan seperti kanker serviks,” kata dia Hj. Nur.

    Kegiatan ini lanjut dia, terselenggara berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan sesuai instruksi DWP Kemenag RI yang juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan.

    Menurutnya, sesuai prosedur para peserta terlebih dahulu menjalani pemeriksaan medis seperti cek suhu, tekanan darah dan riwayat penyakit.

    BACA JUGA: Bharada E Bisa Bebas dari Jeratan Hukum

    Selanjutnya terang dia, peserta masuk pada tahapan pemeriksaan atau tes IVA atau metode inspeksi visual asetat dan Sadanis atau pemeriksaan payudara klinis.

    “Jika dalam pemeriksaan ini ada peserta yang mengidap gangguan alat reproduksi misalnya kanker serviks, maka tim medis akan merujuknya untuk pemeriksaan lanjutan,” ujarnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img