spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil Ajak Generasi Muda Berinovasi Selamatkan Lingkungan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak  generasi muda untuk bergerak dan berinovasi dalam menyelamatkan dan melestarikan lingkungan.

    Menurutnya, pihaknya berkomitmen untuk menyelamatkan sekaligus melestarikan lingkungan di Jabar dengan mengambil sejumlah langkah preventif yang berbasis sustainable development.

    Apalagi, Jabar menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia sekitar 50 juta jiwa, sehingga kesehatan lingkungan harus diperhatikan.  

    BACA JUGA: Anak SCBD Sebut Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil, Ini Respon Anies Baswedan

    “Ada, tidak ada, penghargaan seperti ini, menyelamatkan lingkungan, kebijakan green economy, sudah kami lakukan di Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil usai menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022). 

    Penghargaan Nirwasita Tantra sendiri diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

    Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ruandha Agung Sugardiman, Kalpataru merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh negara untuk individu atau kelompok masyarakat. 

    “Hari ini diserahkan 10 dari Sabang sampai Merauke kemudian ditambah satu penghargaan khusus Gerakan Kolaborasi untuk Menyelamatkan Ciliwung. Itu Kalpataru,” ujarnya. 

    Sedangkan untuk Nirwasita Tantra, Ruandha menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada pemimpin daerah dari skala kabupaten kecil, sedang dan besar, kemudian berikutnya provinsi termasuk kategori legislatifnya. 

    “Kalau Nirwasita Tantra, diberikan kepada pemimpin daerah, kabupaten kecil, sedang, dan besar, kemudian kota juga sama kecil, sedang, dan besar, kemudian provinsi, termasuk legislatifnya,” katanya. 

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Anggarkan Rp20 M Per Bulan untuk UHC

    Demi melestarikan lingkungan alam Indonesia yang indah subur makmur ini, Ruandha mengatakan bahwa peran para pemimpin di daerah menjadi kunci utamanya. 

    “Pertama, leadership itu menjadi kunci untuk penyelamatan lingkungan hidup dan kehutanan. 90 persen ditentukan oleh ketokohan, dari sisi kebijakan dan untuk kebijakan implementasinya,” tuturnya

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img