spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Buka Kejuaraan Catur Kota Bandung, Kadispora Minta Semua Cabor Gelar Piala Wali Kota

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto berharap semua cabang olahraga menggelar kejuaraan dengan tajuk Piala Wali Kota Bandung. Hal tersebut disampaikan saat membuka secara langsung Kejuaraan Catur Wali Kota Cup tingkat Kota Bandung di Aula KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta, Jumat (1/6/2022).

    “Kita sudah sampaikan dan berbicara dengan Wali Kota dan Ketua KONI Kota Bandung untuk melaksanakan Piala Wali Kota. Ajang seperti ini harus ada setelah hampir selama dua tahun tidak ada kompetisi di cabang olahraga aibat pandemi, jadi saya sangat apresiasi cabang olahraga yang menggelar kejuaraan Piala Wali Kota ini,” kata Eddy.

    fokusjabar.id catur kota bandung
    Kadispora Kota Bandung, Eddy Marwoto melakukan langkah pertama sebagai simbolis pembukaan Kejuaraan Catur Wali Kota Cup tingkat Kota Bandung tahun 2022. (FOTO: Ageng)

    Kadispora Kota Bandung ini menilai, ajang kompetisi sangat dibutuhkan atlet di setiap cabang olahraga. Apalagi Kota Bandung sedang bersiap menghadapi Porprov XIV Jabar dengan target meraih juara umum.

    “Saat ini baru catur dan pencak silat yang sudah menggelar. Masih ada waktu hingga Porprov XIV Jabar digelar pada November 2022 nanti untuk cabor lain menggelar. Kita butuh mental bertanding, pengalaman bertanding sehingga suasana kompetisi sudah harus mulai dirasakan atlet. Ini dibutuhkan, tidak hanya latihan saja,” Eddy menerangkan.

    Untuk itu, pihaknya akan mengapresiasi dan mendukung cabang olahraga yang bisa menggelar kejuaraan Piala Wali Kota. Dengan demikian, suasana kompetisi sudah dirasakan atlet dan harapannya bisa mencapai puncak performa saat Porprov XIV Jabar mendatang.

    “Dari kejuaraan ini pun diharapkan bisa lahir potensi atlet baru di Kota Bandung, selain mengasah kemampuan atlet yang disiapkan untuk Porprov XIV Jabar. Kota Bandung sudah menargetkan untuk menjadi juara umum dan Pemkot Bandung pun sudah menyiapkan bonus yang direncanakan cair di tahun 2022,” Eddy menegaskan.

    Khusus untuk cabang olahraga catur, Eddy berharap bisa menjadi salah satu cabang olahraga penyokong target Kota Bandung menjadi juara umum Porprov XIV Jabar. Catur sendiri sudah ditetapkan untuk bisa meraih minimal tiga medali emas di ajang multieven olahraga tingkat Jabar tersebut.

    “Semoga target minimal bisa dicapai. Tapi saya melihat potensi dan peluangnya bisa lebih, semoga bisa meraih lima medali emas,” kata dia.

    BACA JUGA: Owner Teras Cimanuk Garut Gelar Nobar Piala Presiden 2022

    fokusjabar.id catur kota bandung
    Kadispora Kota Bandung, Eddy Marwoto menjajal kemampuan salah satu peserta dari 92 atlet yang mengikuti Kejuaraan Catur Wali Kota Cup tingkat Kota Bandung tahun 2022. (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua Harian Pengcab Percasi Kota Bandung, Salahuddin Al Ayubi mengatakan, kejuaraan yang digelar merupakan amanat dari program kerja yang disusun saat rapat kerja. Selain itu, kejuaraan Piala Wali Kota ini pun menjadi ajang seleksi atlet untuk Kejuaraan Daerah (Kejuda) Catur Jabar yang akan dilaksanakan pada Agustus 2022.

    “Total ada 92 atlet dari 21 klub catur anggota Percasi Kota Bandung yang berpartisipasi pada kejuaran ini. Semoga bisa melahirkan atlet-atlet catur potensial, tidak hanya untuk Kota Bandung, tapi juga untuk Jabar dan nasional,” kata Ayub (sapaan akrabnya).

    Sebanyak 92 atlet tersebut, lanjut Ayub, terbagi dalam enam kelompok usia pertandingan. Yakni mulai kelompok usia A (U-19) hingga kelompok usia F (U-9).

    “Sebenarnya ada tujuh kelompok usia di catur ini sampai G atau dibawah 7 tahun, namun hanya satu peserta yang daftar di kelompok tersebut sehingga kami ikutkan di kelompok F. Untuk nomor yang dipertandingkan hanya catur cepat 25 menit,” Ayub menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img