spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Atlet Jabar Unjuk Gigi di Kejuaraan Esport Piala Gubernur Jabar 2022, ESI Jabar: Modal Awal untuk PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Atlet esports asal Jawa Barat mampu unjuk gigi dengan meraih gelar juara pada grand final di lima kategori game Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esports di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik Kota Bandung, Minggu (29/5/2022). Setidaknya atlet esports asal Jabar menguasai partai puncak di dua kategori game.

    Atlet-atlet esport asal Jabar berhasil meraih gelar juara di kategori game Free Fire dan e-football PES. Di kategori Free Fire, atlet esport asal ESI Kota Bekasi tampil sebagai juara. Sedangkan di babak final e-football PES, berhadapan dua atlet asal Jabar, Rizky Adimas Saputra dan Ferry Purnama Gumilang.

    Selain di dua kategori game tersebut, atlet esports asal Jabar pun berkontribusi pada keberhasilan tim juara di tiga kategori lain. Seperti di Mobile Legend: Bang Bang, PUBG mobile, serta Valorant.

    BACA JUGA: Kejuaraan Esport Piala Gubernur Jabar 2022 Ditutup Sekda, Kota Bekasi Raih Juara Free Fire

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Esports
    Ketua Umum ESI Jabar Dedi Agus Purwanto, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, Kepala Dispora Jabar Asep Sukmana dan Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin berfoto bersama para juara kejuaraan Esports Piala Gubernur Jabar 2022 di lima kategori game. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Esports Indonesia (ESI) Jabar, Dedi Agus Purwanto mengatakan, kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jabar merupakan yang kali kedua digelar pihaknya. Sebelumnya, Piala Gubernur Jabar digelar dengan peserta yang mewakili pengcab ESI kota dan kabupaten.

    “Kali ini, kita perluas cakupan peserta yakni terbuka untuk umum sesuai dengan keinginan Gubernur Jabar sehingga bisa menjaring lebih dari 3000 peserta meski diumumkan melalui media sosial,” kata Dedi.

    Meski secara organisasi masih terbilang muda, kata Dedi, namun olahraga esports sudah dipertandingkan sejak lama. Bahkan beberapa atlet esports asal jabar sudah mampu mencetak prestasi hingga level internasional.

    “Dengan adanya kejuaraan ini, kita sangat terbantu dalam proses pembinaan atlet. Dan ini terbukti dengan munculnya atlet-atlet potensial baru dari kejuaraan ini,” kata Dedi.

    Dedi pun cukup berbangga atas prestasi atlet esports asal Jabar pada ajang kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 ini. Hasil ini menjadi modal awal bagi ESI Jabar untuk persiapan PON XXI di Sumut dan Aceh dimana esport akan menjadi pertandingan resmi.

    “Apalagi ada even Porprov XIV Jabar yang akan digelar pada bulan November 2022 nanti. Kita akan pantau juga atlet-atlet yang akan bertanding nanti,” dia menambahkan.

    Untuk itu, ESI Jabar membuka peluang bagi ESI kota/kabupaten menggelar berbagai kejuaraan dalam mempersiapkan atlet terbaiknya. Dengan demikian, pertandingan esport di ajang Porprov XIV Jabar bisa diikuti atlet-atlet terbaik dari setiap kota dan kabupaten di Jabar.

    “Pada PON XX lalu di Papua, esport dipertandingkan sebagai cabang olahraga eksebisi dan Jabar berhasil meraih satu medali emas dari kategori game e-football PES 2021. Untuk PON XXI, esports sudah menjadi cabang olahraga resmi dan Jabar bertekad untuk bisa meraih lebih banyak medali emas,” Dedi menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img