spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    16 Lansia Lolos Screening Untuk Operasi Katarak Gratis

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id:Sebanyak 16 orang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, lolos tes screening dan mendapat tiket mengikuti operasi katarak gratis, Senin (23/5/2022).

    Opera katarak rencannya akan dilaksanakan berbarengan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 pada Minggu (29/5/2022) nanti yang akan dihadiri langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini.

    HLUN yang akan diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya itu, akan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Singaparna Medika Citrautama (SMC) dan di Sekretariat Daerah (Setda).

    BACA JUGA: Anggota Polsek Singaparna Meninggal Dunia Tidak Wajar?

    Plt Puskesmas Pagerageung Ade Sudrajat mengatakan dari 10 desa yang ada di Kecamatan Pagerageung, tercatat ada 97 orang yang masuk data lansia dan mengidap penyakit katarak.

    Dari 97 orang lansia tersebut, sebanyak 27 orang lansia lolos screening kesehatan. Kemudian setelah diperiksa di laboratorium, hanya ada 16 orang lansia yang lolos untuk operasi katarak.

    “11 orang lansia lainnya lagi tidak lolos uji lab, karena mengidap penyakit hipertensi dan diabetes. Sehingga tidak bisa mengikuti operasi katarak gratis pada peringatan HLUN yang akan dilaksanakan serentak di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Ade.

    Adapun untuk tempat pelaksanaan operasi katarak terang dia, rencananya akan dilakukan di RSUD SMC.

    “Kami sangat berharap, ke-16 orang lansia dengan rata-rata usia di atas 61 tahun ini,  bisa kembali sehat dan normal alias penyakit kataraknya bisa sembuh,” ujar dia.

    Dia menambahkan, penyakit katarak ini lebih kepada akibat pola hidup masyarakat, baik dari faktor makanan,  sedikit faktor gen atau keturunan dan penyakit jelang usia lansia.

    BACA JUGA: Dukung Presidensi G20, Perpusnas Terbitkan Buku Tematik

    Sementara pengelola Kepegawaian Puskesmas Pagerageung, Asep Suryana menyebutkan, untuk kegiatan operasi katarak nanti akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan HLUN tingkat kabupaten yang rencananya akan dihadiri Menteri Sosial Tri Rismaharini.

    “Nanti semua Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya serentak melaksanakan peringatan HLUN dan membawa seluruh pasien katarak ke RSUD SMC untuk menjalani operasi katarak,” tutur Asep.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img