spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    215 Atlet Ikuti Kualifikasi Porprov Jabar XIV Cabor Anggar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 215 atlet anggar berebut kuota untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV tahun 2022 pada pelaksanaan babak kualifikasi di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung. Babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabang olahraga anggar ini digelar selama empat hari, 29 Maret – 1 April 2021.

    “Total 215 atlet yang bertanding, mewakili 15 kota/kabupaten di Jabar,” kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jabar, Asyanti Rozana Thalib saat ditemui di sela-sela pelaksanaan pertandingan, Selasa (29/3/2022).

    Asyanti mengatakan, babak kualifikasi mempertandingan sebanyak 12 nomor. Baik untuk nomor perorangan maupun nomor beregu di setiap jenis senjata.

    “Jadi nomor yang dipertandingkan untuk jenis senjata floret putra dan putri, lalu sable putra dan putri, serta degen putra dan putri. Ini untuk perorangan dan beregu,” dia menambahkan.

    fokusjabar.id Porprov Jabar XIV Anggar
    Pertandingan babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabor Anggar. (FOTO: Ageng)

    Untuk nomor pertandingan di kategori perorangan, lanjut dia, Ikasi Jabar menerapkan batasan usia atlet yakni maksimal 28 tahun. Sedangkan untuk nomor beregu, tidak dilakukan pembatasan usia.

    “Kita bebaskan usia atlet untuk kelompok beregu karena kualitas atlet senior di Jabar masih cukup bagus jadi sayang kalau tidak dilibatkan dalam pertandingan. Selain itu, di PON XXI tahun 2024 pun, untuk nomor-nomor beregu tidak dibatasi usia,” Asyanti menerangkan.

    Untuk itu, kata Asyanti, atlet-atlet senior diatas 28 tahun masih memungkinkan menjadi bagian dari tim Anggar Jabar di PON XXI tahun 2024 mendatang. Dengan catatan, memiliki kualitas yang bagus dibanding atlet lain di kelasnya.

    “Kita juga melihat potensi-potensi atlet anggar dibawah usia 28 tahun ini sudah cukup bagus. Kalau mereka bisa mengikuti banyak pertandingan, kami yakin kualitas mereka akan terus meningkat,” Asyanti menegaskan.

    BACA JUGA: Hadapi 3 Agenda Besar, NPCI Jabar Gelar Rakerda

    fokusjabar.id Porprov Jabar XIV Anggar
    Pertandingan babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabor Anggar. (FOTO: Ageng)

    Pada hari pertama pelaksanaan babak kualifikasi, atlet-atlet senior masih memperlihatkan kualitasnya. Di nomor floret putri, peraih medali emas PON XX asal Kabupaten Sumedang, Leoda Lundy Winona menjadi yang terbaik usai mengalahkan Anisa Berliana (Kab. Karawang)

    Lalu di nomor sabel putri, Rindhi Ayu Kusuma yang membela kontingen Kabupaten Bandung Barat menjadi yang terbaik. Ridhi yang merupakan atlet eks PON XX ini mengalahkan perwakilan Kota Sukabumi, Pradini Sri Rahayu.

    Hal yang sama terjadi di nomor degen putra. Peraih medali emas PON XX asal Kota Bogor, Anggi Williansyah berhasil mengalahkan atlet Kota Depok, Robi Hermawan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img