spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    BPBD Kota Banjar Jadi Tempat Wisata Edukasi

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar terus mengoptimalkan kegiatan edukasi bencana kepada para pelajar di wilayah setempat.

    “Kami baru saja memberikan edukasi kebencanaan kepada siswa-siswa PAUD di Kota Banjar supaya mereka bisa mengenal tentang kebencanaan itu sejak dini,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi saat ditemui diruangannya. Senin (28/3/2022).

    Dia mengatakan dalam pelaksanaan pihaknya memberikan materi-materi yang mudah di pahami oleh para siswa, semisal pengenalan alat-alat yang sering digunakan untuk menangani suatu bencana.

    Kemudian tim BPBD, dalam hal ini petugas pemadam kebakaran memberikan pengenalan dasar mengenai upaya penanggulangan bencana dan penyelamatan saat memadamkan api.

    BACA JUGA: Pilkades Sindangbarang Ciamis Batal

    “Kami juga mengenalkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang biasa digunakan saat melakukan penanghulangan bencana di Kota Banjar,” kata dia.

    Setelah itu, tim pemadam juga menggelar simulasi penyemprotan air yang disambut antusias oleh para siswa itu.

    BPBD berharap anak-anak ini nantinya bisa menjadi generasi tangguh bencana dan benjadi agen perubahan dalam mendukung upaya pengurangan resiko bencana.

    Fokusjabar.id
    Puluhan siswa PAUD saat mengikuti kegiatan edukasi bencana di kantor BPBD Kota Banjar Jawa Barat. (Foto: Budiana)

    “Saya juga berencana melakukan kegiatan yang sering dilakukan kepada anak PAUD ini ke anak-anak sekolah yang tingkatnya lebih tinggi agar mereka minimal memahami dan bisa mendukung upaya pengurangan resiko saat terjadi bencana di daerahnya,” kata Kusnadi.

    Sedangkan menurut salah satu orang tua siswa, Firli mengatakan kegiatan seperti ini sangat bagus dilakukan terhadap anak-anak, dimana mereka bisa mengenal akan kebencanaan sejak dini.

    “Saya harap kegiatan seperti ini bisa sering dilakukan terhadap siswa-siswa khusunya siswa PAUD, selain mereka pun ceria mereka juga bisa paham tentang kebencanaan,” katanya.

    BACA JUGA: PKS Kota Banjar Targetkan Tambah Kursi DPRD dan Menangkan Pilkada

    Sementara dari pantauan FOKUSJabar, para siswa yang mengikuti kegiatan edukasi bencana ini terlihat sangat senang dan mereka terlihat antusias saat diberikan pemahaman materi terkait kebencanaan yang disampaikan oleh para tim BPBD Kota Banjar, Jawa Barat.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img