spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Roundnet Indonesia Bersiap Menuju Kejuaraan Dunia di Belgia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Meski merupakan jenis olahraga baru di Indonesia, namun perkembangan olahraga Roundnet di Tanah Air menjadi yang paling cepat. Baik pertumbuhan olahraganya maupun pelakunya.

    Hal ini terbukti dengan munculnya banyak klub roundnet di Bandung dan beberapa kota di Jawa Barat, DKI Jakarta, Malang, Sumatera Selatan, Surabaya hingga Bali hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Bahkan organisasi induk olahraga yang diciptakan Jeff Krunek ini di Indonesia sudah terbentuk dengan nama Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI).

    Saat ini, PB PORSI pun tengah mempersiapkan tim yang akan mengikuti kejuaraan dunia roundnet pertama bertajuk ‘1st Roundnet World Championship’. Gelaran kejuaraan dunia tersebut akan digelar di Park Molenheide, Molenheidestraat 7, 3530 Houthalen-Helchteren, Belgia pada 8-11 September 2022.

    “Pada kejuaraan dunia roundnet pertama ini, Indonesia menargetkan untuk mengirim enam tim terdiri dari 3 tim putra, 2 tim putri dan 1 tim campuran. Pada perhelatan kompetisi olahraga tingkat dunia tersebut, akan ada dua kompetisi yakni World Championship dan Open Tournament. Indonesia akan ikut serta di kedua kompetsisi tersebut sesuai dengan undangan yang didapat dari IRF (International Roundnet Federation) sebagai penyelenggara acara kepada PB PORSI,” kata Ketua Umum PB PORSI, Genta Fajar.

    BACA JUGA: UPI Raih Penghargaan Terbaik Kedua Kategori PTBH dari Mendikbudristek RI

    fokusjabar.id roundnet Indonesia
    1st Roundnet World Championship akan digelar di Park Molenheide, Molenheidestraat 7, 3530 Houthalen-Helchteren, Belgia pada 8-11 September 2022. (FOTO: Istimewa)

    Menghadapi ‘1st Roundnet World Championship’, lanjut dia, PB PORSI sudah memulai berbagai persiapan melalui Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB PORSI sejak Maret 2022. Dimulai dengan membuka seleksi terbuka (open recruitment) untuk
    menjaring atlet yang akan diberangkatkan ke Belgia.

    “Seleksi ini dilakukan melalui berbagai tahapan ketat agar bisa menjaring atlet-atlet roundnet terbaik yang akan mewakili Indonesia di Belgia nanti,” kata dia.

    Selain menancapkan eksistensi roundnet Indonesia dikancah dunia, keikutsertaan pada kejuaraan dunia roundnet pertama ini pun untuk memantau perkembangan kekuatan negara peserta lainnya. PB PORSI, kata Genta, ingin berkompetisi untuk meraih prestasi sekaligus studi banding dari segi kompetisi olahraga serta pelaksanaan
    penyelenggaraan acara.

    “Kedepan PB PORSI mencanangkan selain mencetak prestasi melalui para atletnya, juga ingin menjadi tuan rumah kejuaraan dunia atau turnamen roundnet bertaraf
    internasional yang berkelanjutan pada tahun 2023 nanti,” Genta menegaskan.

    Untuk mengirimkan perwakilan tim ke ajang kejuaraan dunia pertama tersebut, pihaknya berharap dukungan dari masyarakat dan stakeholder terkait. Baik secara moril maupun materil.

    “Di Belgia nanti, kami akan berusaha mencetak prestasi yang membanggakan dan membuat Indonesia bangga. Minimal bisa menjadi macan asia dalam olahraga roundnet,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img