spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    IESPA Siap Ciptakan Prestasi Atlet e-Sports Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Nasional Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesia eSports Association (IESPA) telah melantik pengurus IESPA Provinsi Jawa Barat periode 2021-2026, Sabtu (12/3/2022).

    Penunjukan dan pengangkatan kepengurusan tersebut tertuang dalam surat keputusan yang ditandatangani Ketua Umum IESPA Nasional Ibnu Riza.

    IESPA
    Pengurus IESPA Jabar siap bergerak ciptakan prestasi di Jabar (Yusuf)

    BACA JUGA: Piala Presiden Esports 2021 Bangkitkan Optimisme Esports Indonesia Berprestasi

    Dalam penunjukan dan pengangkatan pengurus IESPA Provinsi Jawa Barat ini, Tri Suhartanto dilantik sebagai ketua umum menggantikan Ketua umum sebelumnya Martha Wigoeno (2019-2024) yang kini menjadi Wakil Sekretaris Jenderal IESPA Nasional.

    Memiliki visi dan misi meningkatkan prestasi Jabar di kancah nasional maupun internasional, IESPA Jabar bergerak untuk menemukan, mengasah, dan mengembangkan bakat-bakat muda yang ada di Jabar.

    “Ini merupakan awal segalanya bagi kita untuk melakukan perubahan dalam dunia eSport yang ada di Jabar. Maka, hingga 2026 nanti kepengurusan IESPA siap bergerak menciptakan prestasi,” kata Tri di Savoy Homann Hotel Kota Bandung Jabar.

    Superchallenge Gelar Super Esports Series 2021 Dengan Total Hadiah Rp300 Juta

    Menurut dia, potensi eSports yang dimiliki Indonesia luar biasa. Dari 60 juta gamers di Indonesia, 10 persen atau sekitar 6 juta di antaranya ada di Jabar. eSports adalah istilah untuk kompetisi permaina video dengan jumlah jamak, umumnya antara para pemain profesional.

    “Jumlah itu cukup luar biasa, terlebih dari sisi usai mulai dari balita, usia produktif, bahkan sampai usia di atas 70 tahun masih gemar untuk main games,” kata Tri.

    Bahkan sudah banyak dari para gamers yang menjadi atlet. Potensi itulah yang akan diarahkan, dimana games dapat menjadi sebuah wadah meningkatkan potensi yang memiliki reward luar biasa untuk para gamers itu sendiri. Pihaknya akan mengoptimalkan adalah menciptakan lapangan pekerjaan.

    “Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Ke depannya game ini harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Saya yakin ini akan menjadi prestasi luar biasa,” kata dia.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jabar Asep Sukmana mendukung penuh perkembangan dunia digital, termasuk dengan hadirnya eSports.

    “Kami pastinya akan mendorong bagaimana eSports ini menjadi sesuatu prestasi dan potensi luar biasa. Kami akan selalu berkoordinasi dengan IESPA dalam mewadahi para gamers di Jabar,” kata Asep.

    Sementara itu, Ketua Harian PBESI Jabar Budiana berharap potensi dan prestasi yang dimiliki para atlet eSports bisa membawa nama Jabar ke kancah internasional. Tentunya hal ini harus didukung berbagai pihak.

    “Kami siap memberikan support agar para gamers bisa terus berprestasi,” kata Budiana.

    Berikut Susunan Pengurus IESPA Jawa Barat Masa Bakti 2021-2026:

    • Tri Suhartanto sebagai Ketua Umum
    • Sena Senjani sebagai Wakil Ketua
    • Natra Ardiansyah sebagai Ketua Harian
    • Yoel Yosaphat sebagai Sekretaris Jenderal, serta susunan pengurus lainnya.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img