spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Dishub dan Kopamas Ujicoba Rute Feeder Stasiun Hall – Gunung Batu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bekerjasama dengan Koperasi Angkutan Masyarakat (Kopamas) meluncurkan uji coba perdana rute trayek Stasiun Hall – Gunung Batu, Selasa, (8/2/2022).

    Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Setiadi mengatakan, angkutan pengumpan (feeder) Stasiun Hall – Gunung Batu tersebut merupakan cikal bakal pengembangan angkutan feeder di Kota Bandung.

    “Feeder Stasiun Hall – Gunung Batu ini akan menjadi cikal bakal pengembangan angkutan feeder yang akan dikelola pihak Kopamas, Kobanter dan Kobutri Jabar,” kata Ricky di Stasiun Hall Kota Bandung, Jabar, Selasa (8/2/2022).

    Jika rute Stasiun Hall – Gunung Batu berhasil, lanjut dia, Dishub Kota Bandung akan melakukan penambahan sejumlah trayek.

    “Nanti ada penambahan beberapa trayek lagi setelah ini berhasil, baik yang di Kopamas, Kobanter maupun Kobutri. Sehingga angkutan trayek feeder di Kota Bandung ini bisa terwujud, seperti di Semarang dan Jakarta,” dia menjelaskan.

    fokusjabar.id dishub kota bandung
    Kepala Dishub Kota Bandung, Ricky Setiadi. (FOTO: Yusuf)

    Ricky menjelaskan, dalam uji coba perdana rute trayek Stasiun Hall – Gunung Batu ini baru dilayani dua unit medium bus. Untuk waktu uji coba, akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

    “Sementara dilayani medium bus. Nanti kita ganti ke moda yang lebih ideal seperti di Semarang dan Jakarta itu pake jenis Elf. Untuk tarif, umum itu Rp4.000 dan pelajar Rp2.000. Adapun untuk pembayaran, dilakukan secara tunai,” kata dia.

    BACA JUGA: Ini Pengakuan Penusuk Mati Guru SDN 032 Tilil Kota Bandung

    Sementara Ketua Kopamas Kota Bandung Budi Kurnia mengatakan, meski rute yang diujicobakan bersinggungan langsung dengan rute angkot, hal tersebut tidak menjadi masalah.

    “Stasiun Hall-Gunung Batu dari 51 unit angkutan angkot dari SK wali kotanya, sekarang hanya tinggal sepuluh unit. Sangat tidak terlayani masyarakat. Demand-nya masih ada, suplainya sangat jauh berkurang. Itu sih awal-awalnya,” kata Budi.

    Menurut Budi, kerjasama dilakukan sebagai upaya menjaga eksistensi dan peran Kopamas dalam memperhatikan keberlangsungan transportasi umum. Khususnya di Kota Bandung.

    “Kami berharap, ada kerjasama BLUD angkutan dengan kami (Kopamas) ini bisa membawa dampak yang lebih baik secara kelembagaan di kami, khusunya di Kopamas. Juga dunia transportasi angkutan di Kota Bandung,” dia menuturkan.

    Perlu diketahui, saat ini feeder Trans Metro Bandung memiliki 5 rute yang sudah beroperasi. Diantaranya Koridor 1 Cibiru – Cibeureum, Koridor 2 Cicaheum – Cibeureum, Koridor 3 Cicaheum – Sarijadi, Koridor 4 Antapani – Leuwipanjang, dan Koridor 5 Antapani – Stasiun Hall.

    Berikut data lengkap yang dilewati rute uji coba feeder Stasiun Hall – Gunung Batu.

    • Stasiun Hall Gunung Batu : St Hall – Suniaraja – Otista – Stasiun Timur – Viaduct – Perintis Kemerdekaan – Wastukencana – Pajajaran – Cihampelas – Dr Rivai – Cipaganti – Pasteur – Djunjunan – Sukaraja 2 – Dakota – Gunung Batu
    • Gunung Batu – Stasiun Hall : Gunung Batu – Dakota – Sukaraja 2 – Dr Djunjunan – Pasteur – Cihampelas – Cicendo – Kebon Kawung – Pasir Kaliki – Kebon Jati – St Hall

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img