spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Plt Wali Kota Bandung Menyayangkan Sikap Arteria Dahlan Soal Bahasa Sunda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyesalkan aksi anggota DPR RI, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jawa Barat (Jabar) diganti karena memakai Bahasa Sunda saat rapat.

    “Sangat disayangkan. Kita di daerah menggunakan bahasa Sunda diberbagai kegiatan. Itu saya pikir wajar. Kenapa harus dipermasalahkan oleh dewan terhormat,” kata Yana di Lapangan Tegalega, Kota Bandung Jabar, Rabu (19/1/2022).

    Menurutnya, penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan sehari-hari merupakan salah satu upaya  masyarakat Indonesia dalam melestarikan budaya asli tanah air.

    Pihaknya pun mempertanyakan Arteria Dahlan mengapa mempersoalkan hal tersebut.

    “Jadi saya menganggap bahwa penggunaan bahasa Sunda di wilayah kita di berbagai kegiatan saya pikir wajar. Itu ikhtiar kita mempertahankan budaya kita sendiri, bahasa ibu kita juga Bahasa Sunda. Kenapa dipersoalkan yang terhormat dewan Artaria,” ucapnya.

    BACA JUGA: Arteria Dahlan Dikecam Paguyuban Asep Dunia Tasik Raya

    Karenanya, Yana meminta agar setiap elemen masyarakat dapat menghargai adat dan budaya asli daerah. Utamanya bahasa yang menjadi ciri khas sebuah etnis di setiap wilayah.

    “Maka saya meminta, tolong dihargai. Bahwa kita ini kan punya bahasa daerah di masing-masing daerah. Dan digunakannya juga di daerah kita,” ujarnya.

    Terkait Arteria Dahlan harus minta maaf kepada masyarakat Sunda. Yana menyebut, bahwa itu bukan kapasitasnya. Namun begitu, aksi yang membuat masyarakat Sunda merasa sakit hati ini tetap disesalkan.

    “Bukan kapasitas saya. Dan jelas saya sangat menyayangkan aksi Arteria Dahlan,” pungkasnya.

    Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Arteria Dahlan segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

    BACA JUGA: Pembegalan Marak di Kota Bandung, Polrestabes Keluhkan Minimnya CCTV

    Orang nomor satu di Jabar tersebut menilai, reaksi rasis yang diperlihatkan Arteria Dahlan sebagai Anggota Komisi III DPR RI melukai kebhinekaan NKRI. Terlebih melukai sebagian warga Sunda di seluruh Indonesia.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img