spot_img
Sabtu 15 Januari 2022
spot_img

Kota Banjar jadi Salah Satu Exit Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

BANJAR,FOKUSJabar.id: Wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, berpeluang menjadi salah satu exit tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang saat ini akan segera dibangun.

Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan, dalam pembangunan proyek bernilai Rp56 trilyun tersebut, Kota Banjar masuk pada daftar simpang susun (SS) yang telah ditentukan Pemerintah Pusat.

“Kalau info dari Bappeda, kemungkinan besar Banjar mendapat exit Tol. Tapi titik lokasinya belum pasti, apakah di Kertahayu atau di wilayah Situ Batu,” kata Nana kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Berdasarkan usulan saat rapat dengan Direktur Jendral (Dirjen) Jalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Bappeda telah menyampaikan gambar peta exit tol di wilayah Situ Batu.

“Saat penetapan grand design saya mengusulkan gambar PDF, karena mepet waktunya. Kemudian saat injury time penetapan grand design itu, kita sudah kirimkan dan dalam usulannya itu di wilayah Situ Batu,” Nana menerangkan.

BACA JUGA: Senin (17/1), Presiden Jokowi Sampaikan Kuliah Umum Pancasila di Unpar

Nana mengatakan, pihaknya sangat berharap exit tol Gedebage- Tasikmalaya-Cilacap di Kota Banjar benar-benar terwujud. Dia mengatakan, hal itu akan berdampak positif bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan ada yah,” kata dia.

Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun FOKUSJabar, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) menargetkan kontruksi tahap pertama jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dimulai pada tahun 2022 hingga 2024 dimulai dengan ruas tol Gedebage-Tasikmalaya.

Lalu tahap dua yakni ruas tol Tasikmalaya-Cilacap yang akan dilakukan pada tahun 2027 dan diperkirakan selesai tahun 2029.

Adapun total panjang dari jalan tol yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini mencapai 206,65 km dengan nilai investasi sebesar Rp56 trilyun.

(Budiana Martin/Ageng)

Berita Terbaru

spot_img