spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Keramat Pecat Dudukuy Ciamis Menyimpan Kekuatan Magis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Keramat Pecat Dudukuy patilasan Syeh Sarifit Bagus (Kyai Mas Lurah) yang berada di Desa Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Jawa Barat sampai saat ini masih dipercayai penduduk sekitar mempunyai kekuatan ghaib bagi mereka yang akan berbuat jahat di wilayah tersebut.

    Konon kekuatan ghaib dari Petilasan Syeh Sarifit Bagus tersebut pernah terjadi kepada seorang pencuri yang berbuat jahat di perkampungan tersebut dengan tidak bisa meninggalkan lokasi dimana patilasan Syeh Sarifit Bagus (Kyai Mas Lurah) itu berada.

    “Pencuri tersebut ditemukan warga tertidur dilokasi Makam keramat Pecat Dudukuy karena kecapaian dengan membawa hasil curian,” kata Juru Kunci Keramat Pecat Dudukuy, Darto Hujarasono atau lebih dikenal Mbah Gejul.

    BACA JUGA: Giring Ganesha Jadi Ketum PSI, Seperti ini Komentar Netizen

    Mbah Gejul menuturkan, saat maling tersebut ditangkap dan diinterogasi mengaku bahwa dirinya ingin melarikan diri dari perkampungan itu namun tidak tahu jalan sehingga terus berputar-putar di lokasi Keramat Pecat Dudukuy

    Selain kekuatan ghaib orang yang akan berbuat jahat di wilayah itu juga untuk para pengendara sepeda motor saat melewati keramat Pecat Dudukuy jangan mengendarai sepeda motor dengan ugal-ugalan kalau tidak mau mendapat celaka tetapi harus penuh kesopanan.

    “Kalau larangan ini dilanggar dipastikan pengendara sepeda motor itu akan terjatuh secara tiba-tiba,” ucapnya

    Darto mengatakan, untuk menghargai atas jasa-jasa Syeh Sarifit Bagus warga di Desa Bunter setiap awal bulan Maulud mengadakan doa bersama yang disebut Mupunjung dengan dihadiri seluruh warga.

    “Dahulu mah kalau acara Mupunjung disini selain melakukan Doa bersama juga disuguhi kesenian Ronggeng,” kata dia.

    BACA JUGA: Lewati Keramat Pecat Dudukuy Ciamis, Masyarakat Harus Buka Tutup Kepala

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img