spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

Kenali Berikut Ini Fitur Unik WhatsApp yang Tersembunyi Beserta Cara Mengaktifkannya

BANDUNG,FOKUSJabar.idi: Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa WhatsApp (WA) memiliki sejumlah fitur unik yang tersembunyi. Jika ditilik lebih dalam fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan penggunaan WhatsApp.

Fitur unik tersebut juga ada yang berfungsi untuk menghemat penggunaan kuota loh, sangat bermanfaat bukan?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur unik WA yang tersembunyi, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  1. Melihat nomer yang sering dihubungi.

Jika pengguna WhatsApp melihat fitur ini maka akan muncul daftar kontak yang sering dihubungi.

BACA JUGA: Whatsapp, Instagram dan Facebook Down Hampir 8 Jam, Ada Apa?

Untuk melihat daftar kontak yang sering dihubungi caranya buka pengaturan klik penyimpanan dan data lalu klik kelola penyimpanan maka akan muncul daftar kontak yang sering dihubungi sekaligus melihat daftar penyimpanan.

  1. Fitur penghemat kuota.

Sebagai aplikasi yang harus menggunakan kuota internet untuk melakukan segala aktivitasnya, WhatsApp telah menambahkan fitur untuk penggunanya agar bisa menghemat penggunaan kuota.

Terlebih jika ada pesan grup yang masuk baik itu foto atau video yang sering ter unduh secara otomatis pastinya akan menelan penggunaan kuota yang lebih besar.

Untuk mengaktifkan fitur hemat kuota pengguna WhatsApp harus klik titik tiga di sisi kanan atas lalu klik setelan, pilih penyimpanan dan data berikutnya pilih opsi pengunduhan foto dan video hanya ketika tersambung dengan WiFi.

  1. Fitur Pintasan Chat.

Fitur unik selanjutnya yaitu fitur untuk menambahkan kontak tertentu atau kontak penting agar selalu muncul di layar hp pengguna tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Jika pengguna mengaktifkan fitur ini maka kontak terpilih yang dijadikan Pintasan chat akan muncul di menu aplikasi handpone. Jadi jika ada chat masuk dari kontak tersebut pengguna tidak perlu membuka aplikasi WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah di dalam aplikasi WhatsApp tekan kontak yang akan ditambahkan Pintasan chat lalu pilih titik tiga di sisi kanan atas layar selanjutnya pilih Pintasan chat.

  1. Suara notifikasi yang berbeda setiap kontak.

Fitur pembeda suara notifikasi untuk setiap kontak ini sangat bermanfaat jika pengguna WhatsApp mengaktifkan fitur ini maka pengguna bisa mengatur suara pesan atau panggilan masuk dari teman, saudara, atau bahkan mungkin pasangan menjadi berbeda-beda.

Nah, kalau fitur ini diaktifkan pengguna bisa tau yang mana pesan masuk dari teman, keluarga dan pasangan.

Untuk mengaktifkan fitur unik ini cukup gampang, klik kontak yang akan dibedakan suara notifikasinya lalu klik nama kontak di dalam obrolan chat selanjutnya pilih notifikasi kustom tinggal dipilih deh suara notifikasinya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Luncurkan 7 Aplikasi Baru SMART Birokrasi

  1. Menandai Pesan favorit atau pesan berbintang.

Fitur ini berguna bagi pengguna WhatsApp yang sangat aktif dalam mengirim pesan dan memiliki kotak yang banyak. Jika ada chat yang sangat penting fitur ini sangat berguna agar chat penting tersebut gampang dicari.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya buka kontak yang akan dibintangi chatnya lalu tekan pada bagian yang chat yang penting selanjutnya pilih tanda bintang.

(Fauza/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img