spot_img
Minggu 28 November 2021
spot_img
spot_img

Kota Bandung Sumbang 107 Medali bagi Jabar di PON XX

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Keberhasilan Jawa Barat mempertahankan gelar juara umum pada PON XX/2021 tidak terlepas dari peran kota/kabupaten. Termasuk Kota Bandung yang memberikan kontribusi medali sebanyak 107 keping atau 30,3 persen dari total raihan medali kontingen Jabar di PON XX/2021 Papua.

Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi mengatakan, pencapaian kontingen Jabar mempertahankan juara umum PON XX/2021 berekat dukungan semua pihak terutama perjuangan para atlet. Termasuk atlet asal Kota Bandung.

“Dari total kontingen Jabar sebanyak 1076 orang, Kota Bandung berkontribusi sebanyak 327 orang dimana 233 orang diantaranya merupakan atlet dan sisanya ofisial,” kata Nuryadi saat menyampaikan keterangan di gedung KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Kamis (21/10/2021).

Jumlah tersebut, lanjut Nuryadi, menjadikan Kota Bandung sebagai kota/kabupaten dengan kontribusi terbesar bagi kontingen Jabar di PON XX/2021. Yakni dengan prosentasi 30,4 persen dari jumlah total kontingen keseluruhan atau 30,3 persen dari jumlah atlet.

“Dari sisi raihan medali, Kota Bandung berkontribusi 30,3 persen atau 107 medali dari total raihan medali kontingen Jabar sebanyak 353 medali,” kata dia.

BACA JUGA: KPAI Blak-blakan Soal Data Bocor yang Dijual di RaidForums

Dari total 107 medali yang disumbangkan atlet Kota Bandung, medali emas sebanyak 34 keping. Lalu 38 medali perak dan 35 medali perunggu.

Dari 34 medali emas yang diraih, paling banyak disumbangkan dari nomor perorangan yakni 13 keping medali emas. Lalu kategori beregu lebih dari lima orang sebanyak 10 medali emas, beregu 3-5 orang sebanyak 9 medali emas, serta kategori pasangan atau ganda sebanyak 2 medali emas.

“Jika dibandingkan dengan 27 kota dan kabupaten lain di Jabar, kontribusi Kota Bandung menjadi yang terbaik. Di posisi kedua itu Kabupaten Bogor lalu Kabupaten Bekasi,” Nuryadi menuturkan.

Meski demikian, Nuryadi mengakui jika ada beberapa atlet Kota Bandung yang gagal menyumbangkan medali. Atau yang meleset dari target dan prediksi raihan medali di PON XX/2021 Papua.

“Setidaknya ada 37 atlet Kota Bandung yang tidak meraih medali di PON XX, selain yang meleset dari prediksi raihan medali. Kalau untuk prosentase raihan medali jika dibandingkan PON XIX tahun 2016 lalu, memang mengalami penurunan karena dari jumlah nomor dan cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XX pun mengalami penurunan,” Nuryadi menegaskan.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img