spot_img
Kamis 21 Oktober 2021
spot_img
spot_img

8 Manfaat Daun dan Buah Murbei untuk Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Murbei (Morus) atau Bebesaran adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika.

Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.

Murbei tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, tetapi kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10–15 meter. Daunnya merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi.

murbei fokusjabar.id
(foto web)

BACA JUGA: 10 Rahasia Oyong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buahnya merupakan buah majemuk dengan panjang 2–3 cm, berwarna merah bila masih muda dan ungu tua bila ranum dan dapat dimakan.

Murbei terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan Ulat Sutra. Selain itu, Andalas (Morus macroura), salah satu spesies kerap digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Pohon Bebesaran menghasilkan buah beri beraroma yang sering dianggap sebagai makanan super. Daunnya juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Selama berabad-abad, telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi.

Berikut Beberapa Manfaatnya:

  1. Menurunkan Gula Darah dan Insulin

Daun Murbei menyediakan beberapa senyawa yang bisa membantu memerangi diabetes. Ini termasuk 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang mencegah penyerapan karbohidrat di usus Anda.  Secara khusus, daun ini dapat mengurangi kadar gula darah dan insulin yang tinggi, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, 37 orang dewasa menelan maltodekstrin, bubuk bertepung yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Mereka kemudian diberi ekstrak daun Bebesaran yang mengandung 5 persen DNJ.

Mereka yang mengonsumsi 250 atau 500 mg ekstrak mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin secara signifikan lebih tinggi.

Selain itu, dalam studi tiga bulan, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1.000 mg ekstrak daun ini tiga kali sehari dengan makanan mengalami penurunan kadar gula darah secara signifikan setelah makan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, ekstrak daun murbei bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

buah dewandaru fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Satu studi memberi 23 orang dengan kolesterol tinggi 280 mg suplemen daun ini tiga kali per hari. Setelah 12 minggu, kolesterol LDL (jahat) mereka turun 5,6 persen sementara kolesterol HDL (baik) meningkat 19,7 persen.

Studi 12 minggu lainnya mencatat, 10 orang dengan trigliserida tinggi yang mengonsumsi suplemen daun murbei setiap hari yang mengandung 36 mg DNJ mengurangi kadar penanda ini rata-rata 50 mg/dL.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan, daun ini bisa mencegah aterosklerosis dan mengurangi kerusakan sel dan tingkat tekanan darah tinggi, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  1. Mengurangi Peradangan

Daun Bebesaran mengandung banyak senyawa anti-inflamasi, termasuk antioksidan flavonoid. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini dapat memerangi peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya terkait dengan penyakit kronis.

Studi pada tikus dengan diet tinggi lemak memperlihatkan, suplemen dari daun ini mengurangi penanda inflamasi, seperti protein C-reaktif, serta penanda stres oksidatif seperti superoksida dismutase.

Sebuah studi tabung reaksi pada sel darah putih manusia juga mengungkapkan, ekstrak daun murbei tidak hanya mengurangi protein inflamasi, tetapi juga secara signifikan menurunkan kerusakan DNA yang disebabkan oleh stres oksidatif. Meskipun hasil ini menggembirakan, penelitian lebih lanjut terhadap manusia perlu dilakukan.

  1. Manfaat Kesehatan Potensial Lainnya

Meskipun penelitian terbatas, daun ini juga bisa menawarkan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Ini termasuk: Efek antikanker.

Beberapa penelitian tabung reaksi menghubungkan daun ini dengan aktivitas antikanker terhadap sel kanker serviks dan hati manusia.

Uji tabung dan penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak daun Bebesaran dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan dan mengurangi peradangan hati.

Studi hewan pengerat mencatat, daun ini bisa meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan penurunan berat badan.

Beberapa penelitian tabung menunjukkan, ekstrak daun murbei bisa mencegah hiperpigmentasi atau bercak kulit gelap dan secara alami mencerahkan warna kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buahnya dapat membantu mencegah katarak dan degenarasi makula. Hal ini karena mengandung zeaxanthin yang membantu mengurangi strees oksidatif.

sirih merah fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)
  1. Menjaga Kesehatan Otak

Buahnya menyuplai kebutuhan kalsium yang dibutuhkan otak sehingga menjaganya tetap sehat.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berbagai kandungan vitamin dalam buah ini seperti vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan. vitamin C dapat mencegah berbagai penyakit seperti pilek, flu, dan infeksi lainnya.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah Bebesaran mengandug karbohidrat sehat dan kaya akan serat yang mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme tubuh. Metabolisme sehat sangat berpengaruh pada kontrol berat badan yang sehat.

turun berat badan fokusjabar.id
Ilustrasi (Web)

Efek Samping:

Sebelum kita mengonsumsi buah murbei, sebaiknya kita berhati-hati karena ada beberapa bagian pada tanaman ini yang perlu diwaspadai.

  1. Getahnya Menyebabkan Iritasi

Getah yang tedapat pada daun dan batang berbahaya bagi tubuh. Getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit. Jangan lupa untuk selalu mencuci sebelum mengonsumsi atau mengolahnya.

  1. Menimbulkan Alergi

Pada beberapa orang, buah ini dapat memicu reaksi alergi. Jika mengalami gatal dan sesak nafas setelah memakannya, dianjurkan untuk segera berhenti mengonsumsi buah tersebut.

Buah tumbuhan ini memang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jangan lupa kita harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi buah tersebut. Semoga Bermanfaat.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img