spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pertandingan Atletik PON XX Dimulai, Dua Nomor Digelar di Area Freeport

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Cabang olahraga Atletik PON XX/201 Papua sudah memulai pertandingan pada Selasa (5/10/2021) pagi WIT. Pertandingan cabang olahraga atletik PON XX/2021 dibuka langsung Ketua Umum PP PASI, Luhut Binsar Pandjaitan di stadion atletik, Mimika Sport Center (MSC), Papua.

    Atletik akan mempertandingkan 37 nomor pertandingan selama 10 hari hingga Kamis (14/10/2021). Selain digelar di stadion atletik MSC, pertandingan akan digelar di Kuala Kencana yakni untuk nomor lari maraton dan jalan cepat.

    Technical Delegate (TD) Atletik, Sarjito mengatakan, jarak tempuh untuk lari maraton mencapai 42.192 kilometer. Perlombaan akan dilaksanakan Sabtu (9/10/2021) dan menggunakan rute loop atau putaran.

    “Kita tidak menggunakan rute poin ke poin ataupun titik ke titik, tapi menggunakan rute loop. Satu kali putaran jaraknya 10,5 km sehingga atlet harus menempuh empat putaran untuk menyelesaikan lomba sejauh 42.195 km,” kata Sardjito, Senin (4/10/2021)

    BACA JUGA: Hasil Imbang, Supardi: Ini Tanggung Jawab Bersama

    fokusjabar.id PON XX Atletik Papua
    Venue Atletik PON XX/2021 Papua di Mimika Sport Center, Timika, Mimika, (FOTO: WEB)

    Hal yang sama, lanjut Sardjito, akan diterapkan untuk nomor jalan cepat. Yakni menggunakan rute loop sederhana atau ‘out and back’ dengan jarak tempuh perlombaan sepanjang 20 Km.

    “Untuk jalan cepat rute loop berjarak satu kilometer. Sehingga atlet akan melakukan putaran 20 kali,” Sardjito menambahkan.

    Terkait kondisi di Kuala Kencana, Sarjito mengatakan, pihaknya sudah melakukan komukasi dan koordinasi dengan pemilik area. Pemilihan lokasi pertandingan bagi dua kelas tersebut, sangat strategis dan menarik.

    “Kuala Kencana itu merupakan kota di dalam hutan sehingga memadukan keindahan alam yang masih terjaga dan asri, sehingga naunsa alamnya benar-benar bisa dirasakan oleh para atlet nanti,” kata dia.

    Sardjito menegaskan, semua persiapan sudah dilakuakn dengan matang. Bahkan pelaksanaan pertandingan dua nomor tersebut didukung penuh PT. Freeport Indonesia sebagai pemilik wilayah.

    “Sejauh ini, komunikasi dan koordinasi sudah kita lakukan. Semoga pelaksanaan perlombaan bisa berjalan baik dan lancar,” kata Sardjito.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img