spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pekan Depan, Pemkot Bandung Bakal Tes Antigen Acak Siswa dan Guru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 200 dari total 2.005 sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas akan menyelenggarakan rapid tes antigen secara acak ke siswa dan guru pada pekan Oktober ini.

    “Itu 10 persen dari sekolah yang diizinkan PTM. Nanti hasil random itu di bawah satu persen ditracing, dia kontak erat dengan siapa. Kalau hasil satu sampai lima persen, satu rombongan belajar yang ditracing. Kalau di atas lima persen sekolah ditutup,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Jumat (1/10/2021).

    Menurutnya, kurang lebih 200 sekolah yang disampling akan dilakukan rapid tes antigen. Sedangkan jumlah siswa yang akan disampling masih dalam proses pendataan Dinas Pendidikan (Disdik). Ada pun pelaksanaan rapid tes antigen, akan dilaksanakan secepat mungkin.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Izinkan Kegiatan Museum dan Perluasan Objektif Wisata

    Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, Disdik Kota Bandung telah ditugaskan segera melaksanakan rapid tes antigen secara acak tersebut. Sejauh ini, pelaksanaan PTM terbatas berjalan dengan lancar meski masih terjadi pro kontra diantara orang tua.

    “Pantauan Pak Sekda di lapangan, Pak Wakil Wali Kota semua masih ada pro kontra orang tua. Tapi alhamdulillah perjalanannya prokes sudah ada 2.005 yang melaksanakan tapi masih ada pro kontra,” kata Oded.

    Dia menegaskan, Pemkot Bandung memberikan keleluasaan kepada orang tua siswa yang memilih tidak ingin anaknya mengikuti belajar tatap muka. Mereka dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

    “Kita prinsip dasarnya kita memberikan keleluasaan kepada orang tua murid ketika mereka berbeda. Siswa masih tidak ada izin orang tua, maka tidak boleh,” ucapnya.

    Oded menambahkan, Pemkot juga terus menggenjot vaksinasi bagi usia 12 sampai 17 tahun. Pihaknya pun merasa bersyukur, sebab kondisi pandemi Covid-19 di Kota Bandung terus melandai.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Bakal Uji Usap Secara Acak Saat PTMT

    “Alhamdulillah berdasarkan laporan Pak Sekda sebagai gugus tugas, kondisi Kota Bandung cukup landai, cukup baik menggembirakan,” ungkapnya.

    Diketahui, Kota Bandung saat ini masih berada di zona kuning penyebaran Covid-19 dengan skor 2.77. Total konfirmasi 42.448 kasus, konfirmasi aktif 110 kasus, kesembuhan 40.917 kasus. Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate sebesar 11.11 persen.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img