spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Dua Atlet Panjat Tebing Berjuang Raih Medali Emas PON XX

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Dua atlet panjat tebing Jawa Barat akan berjuang memperebutkan medali emas pada nomor speed world record perorangan putra cabang olahraga Panjat Tebing PON XX/2021 di Sport Climbing Venue, Mimika, Papua. Kedua atlet tersebut yakni Raharjati Nursyamsa dan Alpian Zuri.

    Pada babak kualifikasi yang digelar Selasa (28/9/2021), Raharjati Nursyamsa berhasil menjadi yang tercepat di dua jalur pemanjatan. Catatan waktu terbaik atlet yang akrab disapa Ujang yakni 5.39 detik mengalahkan atlet Jawa Tengah, Kiromal Katibin (5.43 detik) dan atlet Kalimantan Barat, Vedriq Leonardo (5.49 detik).

    fokusjabar.id pon xx panjat tebing jabar
    Alpian Zuri lolos ke babak semifinal boulder perorangan putra cabang olahraga panjat tebing PON XX. (FOTO: Ageng)

    Sedangkan Alpian Zuri menempati peringkat 9 dengan catatan waktu terbaik 5.96 detik. Catatan waktu tersebut diraih Alpian pada pemanjatan di jalur B, sedangkan di jalur A mencatatkan waktu 6.74 detik.

    “Alhamdulillah, dua atlet speed WR Jabar akan memperebutkan medali emas pada besok (Rabu, 29/9) setelah lolos dari babak kualifikasi yang dilaksanakan hari ini. Dari total 26 atlet yang turun di kualifikasi speed WR, hanya 16 atlet yang berhak tampil di babak final,” kata manajer tim Panjat Tebing Jabar, Sumaryono saat ditemui usai laga, Selasa (28/9/2021).

    BACA JUGA: Medali Emas Pertama Jabar di PON XX Hadir dari Teluk Youtefa

    Selain di nomor speed WR, Panjat Tebing Jabar pun berhasil meloloskan dua atlet putri ke babak final nomor lead perorangan. Yakni Widia Fujiyanti dan Salsabila

    Widia menempati peringkat 1 di babak kualifikasi nomor lead perorangan putri. Sedangkan Salsabila menempati peringkat tiga.

    fokusjabar.id pon xx panjat tebing jabar
    Widia Fujiyanti saat tampil di babak kualifikasi nomor lead perorangan putri cabang olahraga panjat tebing PON XX. (FOTO: Ageng)

    “Di nomor lead perorangan putri ini, hanya meloloskan 8 orang atlet untuk tampil di babak final dari total 22 atlet yang berlaga di babak kualifikasi. Babak final untuk lead perorangan putri sendiri digelar pada Senin (4/10) mendatang,” kata Kang Umar (sapaan akrab Sumaryono).

    Sementara untuk nomor boulder perorangan putra, Jabar pun menempatkan dua atlet yakni Bim Sigrid dan Dimas Wahyu NR yang akan tampil di babak semifinal. Kedua atlet tersebut berhasil lolos dari babak kualifikasi yang digelar Selasa (28/9/2021).

    “Untuk semifinal nomor boulder perorangan putra rencananya akan digelar pada Minggu (3/10). Dari babak kualifikasi boulder perorangan putra diikuti 33 atlet dan yang lolos sebanyak 20 atlet,” kata Umar.

    Bim Sigrid saat tampil di babak kualifikasi nomor boulder perorangan putra cabang olahraga panjat tebing PON XX. (FOTO: Ageng)

    Kang Umar menambahkan, panjat tebing Jabar ditarget untuk bisa meraih minimal tiga medali emas pada PON XX/2021 di Papua. Sedangkan cabang olahraga panjat tebing PON XX/2021 sendiri mempertandingkan total 14 nomor pertandingan.

    “Semoga target tersebut bisa terealisasi di tiga nomor dimana atlet Jabar tampil. Yakni di nomor boulder perorangan putri dan lead perorangan putri, serta nomor speed WR perorangan putra. Kami juga berupaya agar bisa melampaui target,” Umar menegaskan.

    Pada Rabu (29/9/2021), akan digelar pertandingan kualifikasi cabang olahraga panjat tebing PON XX/2021 untuk nomor boulder beregu putri dan lead beregu putra. Dilanjutkan dengan babak final di nomor speed WR perorangan putra.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img