spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Ini 10 Dosa Paling Tak Terampuni oleh Allah SWT

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Setiap manusia pada dasarnya pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dosa terbagi menjadi dua, yakni dosa besar dan kecil. Saat seseorang melakukan dosa besar secara sengaja, maka ia harus bertaubat terlebih dahulu agar bisa diampuni oleh Allah.

    Dosa dalam bahasa Arab disebut dengan itsm dan ‘ishyaan.  Dosa dengan pengertian ini memiliki makna berpaling dari perintahnya, melakukan kesalahan dan kelalaian.

    Sangat penting sekali untuk diketahui, apa saja yang tergolong dalam dosa besar. Hal ini berguna untuk membuat kita akan lebih berhati–hati terhadap apa yang kita lakukan.

    Berikut ini adalah 10 dosa besar yang disebut tak akan diampuni oleh Allah SWT.

    BACA JUGA: Berikut Ini 4 Golongan Manusia Yang Haram Tersentuh Api Neraka

    1. Memakan Harta Anak Yatim
    FOKUSJabar.id BPK
    (Foto: Web)

    Bukan hanya harta riba, Islam sangat melarang umatnya memakan setiap harta yang bukan merupakan haknya.

    Termasuk harta anak yatim. Baik yang berada di bawah asuhannya secara langsung ataupun tidak. Hukum mengenai hal ini bisa ditemukan dalam surat An-Nisa: 10.

    2. Syirik

    (Foto: Web)

    Syirik termasuk golongan dosa yang sangat besar dan dibenci Allah SWT. karena syirik merupakan perbuatan yang menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu, misalnya dengan berhala maupun makhluk-makhluk ciptaan Allah lainnya. Allah SWT berfirman:

    “Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu) dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh dia telah tersesat jauh sekali.” (QS. An Nisa’ ayat 116)

    1. Berputus Asa Dari Rahmat Allah
    (Foto: Web)

    Di surat yusuf: 87 Allah berfirman bahwa hanya orang kafir saja yang berputus asa dari rahmat Allah. Mengharap rahmat Allah sendiri merupakan bagian dari keimanan seseorang kepada Allah.

    Saat seseorang berputus asa dari rahmat Allah, maka artinya ia ragu bahwa Allah akan menjaga dan menjawab doa hamba-Nya.

    1. Durhaka Kepada Orangtua
    (Foto: Web)

    Orang yang durhaka kepada orang tua disebut sebagai orang yang sombong dan celaka. Orang tua merupakan alasan mengapa seseorang bisa lahir ke dunia.

    Namun, lebih dari itu, seseorang taat pada orang tua adalah karena ia taat kepada Allah dan sebagai bentuk mengikuti perintah Allah.

    1. Membunuh
    (Foto: Web)

    Seseorang yang mengambil nyawa orang lain, khususnya seorang mukmin dengan sengaja, maka Allah mengancamnya dengan neraka Jahannam.

    Bahkan dalam surat An-Nisaa: 93 dikatakan bahwa seorang pembunuh akan kekal berada dalam neraka Jahannam selamanya.

    1. Menuduh Wanita Baik–baik Berzina
    (Foto: Web)

    Islam sangat menghormati nama baik seseorang. Bahkan dalam surat An-Nuur: 23 Allah berfirman bahwa orang yang menuduh perempuan baik-baik melakukan zina akan mendapatkan laknat.

    1. Memakan Riba
    FOKUSJabar.id Dosa
    (Foto: Web)

    Riba bukan hanya merugikan orang – orang yang terlibat di dalamnya saja. Lebih dari itu, riba juga dapat merugikan banyak orang. Bahkan orang – orang yang tidak berkaitan secara langsung. Karena itu, islam dengan tegas melarang segala bentuk riba dan memakan harta hasil riba.

    8. Merasa Aman Dari Ancaman Allah

    FOKUSJabar.id Dosa
    (Foto: Web)

    Allah memang Maha Pengampun dan akan memaafkan setiap kesalahan hamba-Nya. Akan tetapi, bukan berarti hal ini bisa menjadikan kita abai dan merasa aman dari ancaman Allah. Justru saat seseorang merasa aman dari ancaman Allah, maka ia termasuk ke dalam orang – orang yang merugi.

    9.Lari Dari Medan Pertempuran (Jihad)

    (Foto: Web)

    Saat seorang muslim berada di medan pertempuran, maka haram baginya untuk mundur atau lari dari medan pertempuran. Kecuali jika mundur tersebut merupakan bagian dari strategi perang atau bertujuan untuk menyusun siasat kembali.

    10. Berbuat Zina

    (Foto: Web)

    Zina merupakan perbuatan keju yang besar dosanya. Hal ini karena akibat dari perzinahan tersebut bisa memberikan dampak yang luas bahkan merusak tatanan social yang seharusnya rapi.

    Jika dari zina tersebut menghasilkan anak, maka anak tersebut akan sulit diketahui nasabnya. Selain berkaitan dengan social dan pernikahannya, hal ini juga berkaitan dengan hak waris dan hukum – hukum lain yang berkaitan dengan nasab atau keturunan.

    Itulah 10 dosa besar dalam Islam yang harus dihindari. Jika sebelumnya Anda atau seseorang belum mengetahui hal ini dan terlanjut melakukan salah satu dosa tersebut, maka rahmat dan ampunan Allah sangat luas.

    BACA JUGA: Dosa Berhijab Gaya Punuk Unta

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img