spot_img
Selasa 14 September 2021
spot_img
spot_img

Inovasi Mesin Perontok Padi Bawa Samsul ke Seleksi Pemuda Pelopor Nasional

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Samsul Zuhri lolos seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat dan berhak masuk ke tingkat Nasional.

Pemuda asal Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, tercatat sebagai peserta Pemuda Pelopor 2021 di bidang inovasi teknologi. Samsul mengembangkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal berupa perontok padi minimalis.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan dan Pramuka Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Muharam Ahmad Zazuli mengucapkan, selamat kepada Samsul Zuhri yang berhak melaju ke tingkat Nasional dalam Pemuda Pelopor Jawa Barat.

“Samsul lolos dan akan maju di tingkat Nasional. Pemuda asal Baregbeg, Lakbok itu akan membawa nama provinsi Jawa Barat untuk berkompetisi dengan provinsi lain di Indonesia,” kata Ahmad, Selasa (14/9/2021).

BACA JUGA: Disdik Kota Bandung Klaim PTM Terbatas Berjalan Lancar

Teknologi inovasi yang dikembangkan Samsul Zuhri, diakui Ahmad sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian. Selain itu, mampu meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Kekuatan sebuah negara itu dapat dilihat dari bagaimana ketahan pangan di negara tersebut. Apakah bagus atau tidak, kalau hasil panen melimpah dan petani sejahtera itu baru ketahanan negaranya kuat,” Ahmad menerangkan.

Karena itu, lanjut dia, Samsul Zuhri telah berinovasi mengembangkan mesin perontok padi minimalis. Mesin tersebut pun berteknologi tepat guna berbasis kearifan lokal.

“Kami selalu mendukung penuh, semoga saja Samsul Zuhri bisa juara di tingkat nasional dan membawa harum Jawa Barat serta Tatar Galuh Ciamis,” kata dia.

(Riza M Irfansyah/Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img