spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Atlet PON XX Asal Kota Bandung Dapat Kadeudeuh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan dukungan bagi para atlet, pelatih, dan manager cabang olahraga PON XX Jawa Barat asal Kota Bandung. Dukungan berupa uang saku tersebut diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021 tingkat Kota Bandung di Pendopo, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Jabar, Kamis (9/9/2021).

    Dukungan uang saku diterima secara simbolis oleh H. Yoko Angga Surya sebagai manajer tim sepakbola putri PON XX Jabar, Risco Herlambang sebagai peltih tim bola voli indoor putra PON XX Jabar, serta dua atlet yakni Syifa Nurafifah Kamal (panahan) dan Azmi Al Ghifari Jayadi (sepatu roda). Untuk manajer mendapatkan uang saku Rp2,5 juta, pelatih Rp5 juta, dan atlet masing-masing Rp4,5 juta.

    “Haornas harus bisa menjadi spirit dan energi buat kita, khususnya atlet yang akan wakili Jabar di PON XX Papua, untuk terus beri semangat terbaik bagi Kota Bandung, Jabar, dan Indonesia. Tong ningali nilaina, eta bukti kadeudeuh ti Kota Bandung da nilai mah angger fluktuasi tergantung kemampuan anggaran,” kata Wali Kota yang akrab disapa Mang Oded usai memberikan uang saku, Kamis (9/9/2021).

    fokusjabar PON XX Haornas Kota Bandung
    Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat memberikan sambutan sekaligus motivasi bagi atlet PON XX Jabar asal Kota Bandung pada peringatan Haornas ke-38 tahun 2021 tingkat Kota Bandung di Pendopo, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Jabar, Kamis (9/9/2021). (FOTO: Istimewa)

    Mang Oded mengaku sangat senang dan bangga dengan kontibusi Kota Bandung terhadap kontingen Jabar yang akan berlaga di PON XX/2021 Papua. Apalagi, atlet-atlet tersebut ‘asli’ asal Kota Bandung dari hasil pembinaan cabang olahraga di bawah KONI Kota Bandung.

    “Hampura, Mang Oded moal bisa ngilu ka Papua tapi diwakilan ku Pak Wakil (Yana Mulyana) jeng Pak Sekda (Ema Sumarna). Saya sampaikan ucapan selamat bagi kontingen Jabar asal Kota Bandung, semoga berprestasi bisa memberikan prestasi dan kalau meraih medali di PON XX, in sya Allah akan ada kadeudeuh,” Oded menuturkan.

    BACA JUGA: PT PIL dan PT BEI Jalanin Kerjasama Genjot Penjualan Pertashop

    fokusjabar PON XX Haornas Kota Bandung
    Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyerahkan kadeudeuh berupa uang saku PON XX kepada perwakilan pelatih, Risco Herlambang. (FOTO: Istimewa)

    Wali Kota Bandung ke-27 periode 2018-2023 itu mengatakan jika Pemkot Bandung akan tetap berkomitmen mendukung perkembangan olahraga dan menjadi sebuah kegiatan yang diperhatikan. Pasalnya, dengan berkembangnya olahraga di Kota Bandung akan menjadikan warga sehat.

    “Bicara tentang olahraga, maka bicara soal pembangunan sumber daya manusia. Karena itu saya selalu wanti-wanti mang oded kepada Pak Sekda dan juga mohon dukungan dewan agar anggaran untuk olahraga harus jadi prioritas,” kata dia.

    FOKUSJabar.id PON XX Haornas Kota Bandung
    (FOTO: Istimewa)

    Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi mengatakan, 306 insan olahraga di Kota Bandung masuk dalam jajaran kontingen PON XX/2021 Jabar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 214 orang merupakan atlet, 75 pelatih, satu orang mekanik, dan 16 orang manager.

    “Artinya, Kota Bandung masih mendominasi dari sisi jumlah kontingen maupun atlet dibandingkan kota/kabupaten lain yakni sekitar 27,68 persen. Hanya di tiga cabang olahraga yang tidak ada dari Kota Bandung yakni anggar, tinju, dan menembak,” kata Nuryadi.

    Dari jumlah atlet Kota Bandung yang akan tampil di PON XX Papua, Nuryadi mengatakan, belum dipastikan semuanya akan tampil di ajang Porda Jabar XIV tahun 2022. Hal ini karena belum semua cabang olahraga menetapkan aturan terkait batas usia maupun menggelar babak kualifikasi.

    “Tapi setidaknya, pembinaan yang dilakukan cabang olahraga di Kota Bandung sudah cukup baik sehingga masih mendominasi kontingen Jabar di PON XX. Kami berterimakasih atas perhatian Pemkot Bandung, khususnya bagi insan olahraga yang akan berlaga di PON XX, meski masih dalam situasi pandemi. Selain atlet, pelatih dan manajer, kita pun berencana memberikan bantuan bagi wasit/juri asal Kota Bandung yang bertugas di PON XX dan sedang menghitung jumlahnya,” Nuryadi menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img