spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pemkot Yogya Bakal Vaksinasi Hewan Mulai Pekan Depan

    YOGYAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemkot Yogyakarta bakal menggelar vaksinasi gratis untuk hewan mulai 6 September sampai 30 Oktober mendatang.

    Vaksinasi ini untuk menjaga Yogyakarta sebagai daerah bebas rabies.

    Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakart Sri Panggarti mengatakan, vaksinasi rabies ini gratis untuk kucing, anjing, maupun hewan piaraan yang selama ini berdomisili di Kota Yogya.

    “Tidak ada pungutan biaya alias gratis untuk semua hewan yang berdomisili di Kota Yogya,” kata Panggarti, Selasa (31/8/2021).

    BACA JUGA: Sekarang Naik Pesawat Jawa-Bali Tak Perlu PCR Jika Sudah Vaksin Dua Dosis

    Panggarti mengatakan, untuk tempat vaksinasi rabies, pihaknya bekerja sama dengan semua klinik hewan swasta maupun pemerintah yang berada di Kota Yogyakarta.

    “Ada 10 tempat klinik yang bekerjasama bisa datang ke tempat tersebut dengan pendaftaran melalui nomor WA hotline kemudian janjian hari dan tempatnya,” kata dia, seperti dilansir Detik.

    Panggarti mengatakan, rabies merupakan salah satu penyakit hewan menular yang bersifat zoonosis. Rabies disebabkan oleh virus Lyssa yang masuk dalam famili Rhabdoviridae.

    Karakteristik utama virus ini hidup pada beberapa jenis hewan yang berperan sebagai hewan pembawa rabies (HPR). HPR menginfeksi hewan lain atau manusia melalui gigitan.

    BACA JUGA: Vaksinasi Massal, Baznas Kota Bandung Sasar 1211 Santri

    “Infeksi juga dapat terjadi melalui jilatan pada kulit yang terluka. Hewan yang terinfeksi bisa mengalami rabies buas/ ganas ataupun rabies jinak/ tenang,” katanya.

    Panggarti menyatakan, hingga saat ini DIY merupakan daerah yang bebas dari rabies.

    “DIY sampai saat ini merupakan daerah bebas rabies. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No 892/KPTS/TN.560/9/1997 tentang Pernyataan DIY dan Jawa Timur bebas dari penyakit anjing gila (rabies),” jelasnya.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img