spot_img
Minggu 14 April 2024
spot_img
More

    6 Manfaat Buah Dewandaru yang Wajib Diketahui

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagian orang mungkin belum kenal dengan buah Dewandaru, buah yang berbentuk bulat dan memiliki lakukan di sekitarnya tersebut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Selain buahnya yang kerap dikonsumsi untuk keperluan kesehatan, daun dari buah Dewandaru juga kerap dimakan sebagai toping atau lalapan pada makanan.

    Buah Dewandaru sendiri berasal dari Belanda oleh sebab itu masyarakat Indonesia sering juga menyebut buah ini sebagai Ceremai Belanda.

    buah dewandaru fokusjabar.id
    Buah Dewandaru (foto web)

    Ceremai Belanda juga memiliki beragam warna yang sangat cantik. Di antaranya ada warna merah, hijau, orange dan kuning.

    BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

    Berdasarkan hasil penelitian yang dirangkum dari berbagai sumber, Ceremai Belanda memiliki banyak kandungan nutrisi diantaranya flavonoid dan Vitamin C.

    Melansir dari berbagai sumber, berikut ini khasiat Ceremai Belanda bagi kesehatan tubuh:

    1. Mencegah Penuaan 

    Sering banyak ditemukan laki-laki ataupun perempuan yang terlihat lebih tua pedahal usianya masih muda hal itu salahsatunya disebebkan karena kekurangan asupan Vitamin C.

    buah dewandaru fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Nah, mengonsumsi buah ini secara rutin sangat dianjurkan untuk mencegah penuaan dini, karena buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang cukup banyak.

    Vitamin C sendiri memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan tubuh, kesehatan kulit, pastinya berguna untuk mencegah penuaan dini.

    1. Menjaga Kesehatan Jantung 

    Buah ini juga sangat berkhasiat untuk membuat jantung manusia tetap sehat.

    buah dewandaru fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Seperti kita ketahui bahwa Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh kita oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga kesehatannya salah satu caranya yaitu dengan rutin mengonsumsinya. 

    1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh Manusia

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Ceremai Belanda memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak.

    Jika sel tubuh kekurangan asupan nutrisi pastinya membuat sel tubuh manusia cepat rusak. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. 

    1. Memperbaiki Waktu Tidur

    Seperti diketahui bahwa Ceremai Belanda mengandung melatonin. Melatonin merupakan hormon yang terdapat dalam kelenjar Pineal yang ada di dalam otak manusia. 

    buah dewandaru fokusjabar.id
    (Foto web)

    Hormon melantonin sangat berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur dari manusia. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin pola tidur kita pastinya akan terjaga.

    1. Makanan Alami Diet

    Buah ini sangat rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan diet.

    Walaupun dikonsumsi secara besar, buah Dewandaru tidak akan Berpengaruh signifikan terhadap kenaikan berat badan, Buah ini sangat rekomended bagi yang sedang melakukan diet.

    1. Mencegah Stroke

    Buah ini mengandung banyak antioksidan seperti beta-cryptoxanthin, rubixanthin, gamma-carotene dan likopen.

    Perlu diketahui bahwa antioksidan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti Stroke dan Jantung.

    (Fauza/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img