spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    9 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning.

    Nama lain yang dikenal di antaranya, maracujá (Portugis) maracuyá (Spanyol) Passion fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii) dan Lạc tiênChanh dây atau Chanh leo (Vietnam).

    Di Indonesia terdapat dua jenis Markisa. Yaitu, Markisa Ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan Markisa Kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah.

    markisa fokusjabar.id
    Buah Markisa (foto web)

    BACA JUGA: Eceng Gondok Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaatnya

    Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi buah ini, Sumatra Utara dan Sulawesi Selatan.

    Ada juga varian yang tumbuh di daerah Sumatra Barat yang disebut sebagai Markisa Manis (passiflora edulis forma flavicarva).

    Di Sumatra Barat tumbuh di daerah Kabupaten Solok, khususnya di Kecamatan Lembah Gumanti dan Lembang Jaya.

    Markisa tumbuh di daerah yang sejuk, dengan ketinggian 600–1600 meter di atas permukaan laut dan paling ideal di atas 1000 meter. Juga tumbuh baik di daerah subur dan ber-PH normal serta daerah dengan drainase yang cukup baik sehingga menghindari tergenangnya air.

    Manfaat buah markisa cukup beragam untuk kesehatan. Buah yang beraroma harum dan terasa manis ini diketahui dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Dalam 100 gram buah markisa segar mengandung, Air: 64.7 gram, Protein: 3,5 gram, Karbohidrat: 29,8 gram, Serat: 11,4 gram, Kalsium: 27 mg, Fosfor: 203 mg, Zat besi: 1,4 mg, Natrium: 37 mg, Kalium: 453,8 mg, Beta-karoten: 969 mcg, Vitamin B3: 2 mg dan Vitamin C: 10 mg

    Buah ini tidak hanya sekedar tambahan dalam makanan atau sirup belaka. Dari gizi yang terkandung, ternyata memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan.

    Berikut beberapa manfaatnya:

    1. Mengurangi Infeksi

    Buah ini mengandung vitamin C, sehingga membantu menurunkan risiko terkena infeksi penyebab pilek.

    Selain itu, vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan juga memberikan manfaat untuk lambung.

    1. Menjaga Pencernaan

    Manfaat lain datang dari kandungan seratnya. Selain vitamin C, buah ini mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit serta membuat Anda tetap merasa kenyang. 

    markisa fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)
    1. Mengandung Vitamin A

    Vitamin A ditemukan dalam biji-bijian yang terdapat dalam buah markisa. Bijinya merupakan sumber vitamin A yang dapat memenuhi 8 persen dari konsumsi vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

    Tidak heran kalau manfaat yang satu ini bisa menjaga kesehatan sel dan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem mata.

    1. Tinggi Antioksidan

    Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk sel tubuh manusia. Radikal bebas ini ternyata juga mampu membuat wajah mengalami penuaan dini.

    Jadi, mengonsumsi buah ini bermanfaat untuk wajah agar tetap sehat. Manfaat lainnya menjadi sumber antioksidan yang membantu untuk melancarkan peredaran darah.

    1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Buah ini kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

    1. Mengurangi Kecemasan

    Buah ini kaya akan magnesium yang berperan dalam mengurangi rasa cemas dan stress. Magnesium mampu membantu mengurangi kecemasan.

    markisa fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)
    1. Indeks Glikemik Rendah

    Buah markisa memiliki kadar indeks glikemik yang rendah dan karenanya tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan setelah dikonsumsi.

    Buah ini dapat menjadi buah alternatif bagi penderita Diabetes. Namun si penderita perlu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

    1. Menaikkan Fungsi Insulin

    Menaikkan sensitivitas insulin berasal dari kandungan piceatannol. Kandungan buah ini berpotensi meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes.

    Sebuah riset mendapati bahwa senyawa piceatannol dalam buah markisa dapat meningkatkan metabolisme dan sensitivitas terhadap insulin yang berperan dalam proses pengubahan gula menjadi energi untuk sel tubuh.

    Bahkan, karena segera mengubah gula menjadi energi, ini berdampak pada penurunan berat badan.

    1. Menjaga Kesehatan Jantung

    Kandungan buah ini kaya serat tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga berperan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

    markisa fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Serat membantu mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan kalium pada buah markisa berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

    Manfaat menjaga kesehatan jantung didukung oleh kemampuannya untuk menyetabilkan tekanan darah.  Selain itu, buah markisa juga rendah natrium.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img