spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Kota Banjar Raih Predikat Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021

BANJAR,FOKUSJabar.id: Kota Banjar menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Kamis (29/7/2021).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati menuturkan, penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak diberikan kepada Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Ada empat hak anak yaitu hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sehingga tercapainya Indonesia Layak Anak.

Evaluasi dan Penilaian KLA tahun 2021 dilakukan secara daring mengingat pandemi yang belum berakhir. Ada 24 indikator penilaian yang harus dipenuhi oleh setiap Kota/Kabupaten.

BACA JUGA: DPRD Kota Banjar Paripurnakan 3 Agenda Penting

“Tahun ini ada 275 kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat kabupaten/kota Layak Anak baik tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.

FOKUSJabar.id Banjar
Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih didampingi para kepala OPD saat menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021. (FOTO: Agus)

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan, penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)  tahun 2021 menjadi yang keempat kali. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Pemkot Banjar yang telah berkomitmen tinggi dalam upaya mendukung  terpenuhinya hak-hak anak.

Ade Uu mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan serta mengupayakan agar prestasi Kota Banjar meningkat ke jenjang berikutnya. Seperti halnya kabupaten/kota lainnya.

“Kami menyadari, untuk mencapai hal tersebut bukanlah perjuangan yang mudah, karena membutuhkan komitmen yang kuat, proses yang panjang serta pengorbanan dari seluruh pihak demi terlindunginya hak-hak anak di Kota Banjar,” kata Ade Uu.

Sebelumnya, Kota Banjar telah menerima penghargaan Kota Layak Anak sebanyak tiga kali. Yakni tahun 2017 tingkat  Pratama, tahun 2018 tingkat Pratama dan pada tahun 2019 tingkat Madya.

(ADV)

Artikel Lainnya

spot_img