spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    6 Khasiat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

    Beberapa jenisnya (Musa acuminate dan M. balbisiana) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

    Buahnya tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buahnya memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam.

    Buah ini sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (Karbohidrat) dan mineral, terutama Kalium.

    BACA JUGA: 12 Rahasia Manfaat Daun Jambu Monyet, Salah Satunya untuk Gairah Seksual

    Pisang menjadi salah satu buah yang nikmat, baik disantap langsung maupun dijadikan berbagai kuliner.

    Berbeda dengan pisang Klutuk (batu), jenis ini cenderung hanya digunakan sebagai rempah dalam beberapa kuliner seperti rujak cingur. 

    Cita rasanya yang cenderung pahit membuatnya tak bisa dikonsumsi layaknya pisang lainnya. Meski begitu, jenis ini punya banyak manfaat. Di antaranya:

    1. Meredakan Demam

    Kondisi tubuh di atas batas normal membuat seseorang lemah. Pisang Klutuk bisa menjadi alternatif obat alami yang bisa meredakan demam.

    Caranya, rebus yang sudah diiris tebal dengan 500 liter air hingga mendidih. Ambil sarinya dengan cara disaring dan minum tiga kali sehari.

    pisang fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Rasanya memang pekat, namun ramuan ini terbukti ampuh meredakan demam.

    1. Obat Maag

    Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik. Buat Anda yang punya alergi terhadap obat maag, bisa mengonsumsi pisang Klutuk.

    Agar tak terlalu pahit, rebus pisang jenis ini hingga lunak. Pastikan benar-benar lunak hingga bisa dikonsumsi. Agar tak terlalu pahit, konsumsi bersama madu. 

    1. Mengatasi Wasir

    Wasir hampir dialami oleh setiap orang yang seringkali mengalami susah buang air besar. Peradangan di dubur ini seringkali mengalami rasa tak nyaman bagi penderitanya.

    pisang fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Sebagai pengobatan alami maka bisa digunakan pisang batu. Bahan-bahan yang perlu Anda disiapkan:

    • Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda atau segar.
    • Pisang batu beberapa buah.

    Cara Mengolah:

    Cuci sampai bersih kedua jenis bahan tersebut. Lalu parut buah pisang batu hingga halus. Kemudian diperas dan ambil air perasannya.

    Kemudian untuk daun jambu biji ditumbuk hingga halus. Diperas dan ambil airnya.

    Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah. Lalu minum dalam beberapa hari.

    Dengan mengonsumsi ramuan ini, bisa dibilang cukup lama hingga tampak hasilnya. Sebab ini diracik secara alami. Maka untuk langkah selanjutnya Anda bisa konsumsi secara teratur. Dan semoga penyakit wasir Anda sembuh

    1. Mengatasi Diare

    Caranya cukup mudah, iris pisang batu yang masih berwarna hijau ataupun yang berwarna kekuningan.

    Hancurkan menggunakan blender hingga halus. Peras hingga mengental dengan menggunakan saringan agar jernih. Minum ramuan ini sehari tiga kali hingga diare berhenti.

    pisang fokusjabar.id
    (foto web)

    Dengan mengonsumsi perasan air ini maka penyakit diare bisa diatasi. Dan ketika dikonsumsi rasakan manfaatnya secara perlahan-lahan. Lakukan segera pengobatan agar cairan Anda tidak banyak yang terbuang.

    1. Mengatasi Sakit Perut

    Pisang batu biasanya digunakan pada hidangan rujak. Tak hanya sebagai bahan penambah rasa gurih pada kuliner rujak cingur, kandungan tannin dan saponin pada pisang batu bisa mencegah sakit perut akibat cita rasa rujak yang pedas maupun alergi sambal.

    6. Obat Penghilang Jerawat

    Tampil cantik dan anggun adalah keinginan bagi setiap wanita. Sebab wanita mana yang tidak ingin dipuji dan dikatakan cantik. Dan demi mendapatkan pujian ini sebagian wanita melakukan berbagai cara untuk tampil lebih percaya diri.

    pisang fokusjabar.id
    (foto web)

    Sebagian wanita akan membeli produk-produk endorse yang banyak dijual di toko ofline maupun online.

    Dan harga yang merek tawarkan juga kompetitif dengan disertai dengan khasiatnya.

    Namun pernahkah wanita berpikir untuk cantik hanya diperlukan perawatan yang tepat dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Dan perlu juga diketahui perawatan yang tepat tidak didapat dengan cara instan.

    Kulit sehat tidak selalu putih ada juga kulit yang sehat namun tidak putih yang paling penting dari kulit itu adalah terhindar dari jerawat, komedo, pori – pori besar, flek hitam dan warnanya yang merata. Kulit harus telihat bersih dan bersinar.

    Salah satu kegunaan pisang batu mampu mengatasi jerawat. Jerawat adalah masalah yang biasa terjadi pada orang remaja atau dewasa.

    Jerawat timbul akibat produksi kelenjar minyak berlebih sehingga menimbulkan bintik merah dan terasa sakit jika disentuh.

    Untuk mengatasinya maka bisa gunakan cara alami. Yakni dengan menyediakan 2 buah pisang batu. Lalu dikupas kulit dan dibersihkan. Setalah itu pisang ditumbuk hingga halus.

    Oleskan parutan pisang ke bagian wajah dengan menggunakan tanggan secara halus. Diamkan kurang lebih 30 menit baru setelah itu dibilas dengan air. Anda dapat lakukan hal ini setiap hari pada pagi hari.

    Sebenarnya banyak sekali manfaat dari pisang batu karena memiliki 4 nutrisi utama. Yakni:

    • Protein: berfungsi untuk meregenerasi (baca: memperbarui) sel mati dan digantikan dengan sel baru.
    • Lemak: berfungsi dalam melindungi tubuh dari hempasa.
    • Kabohidrat: berfungsi sebagai penambah energi dalam beraktifitas sehari-hari.
    • Vitamin: berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan nutrisi pelengkap tubuh.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img