spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    12 Rahasia Manfaat Daun Jambu Monyet, Salah Satunya untuk Gairah Seksual

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jambu Monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiacae.

    Jambu Mede memiliki buah yang bisa dimakan berasal dari Brasil. 

    Biji Jambu Monyet dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

    Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

    Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam Bahasa Tupi, acajú.

    BACA JUGA: 9 Manfaat Ikan Gabus yang Perlu Diketahui

    Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

    jambu monyet fokusjabar.id
    Daun Muda Jambu Monyet (foto web)

    Jambu Monyet merupakan biji yang memiliki karakteristik dengan bentuk melengkung dan dapat dimakan karena tinggi akan kandungan minyak dan memiliki rasa yang khas serta kaya akan kandungan protein yang berkualitas premium.

    Biji Jambu Monyet banyak dikonsumsi sebagai makanan. Baik dikonsumsi secara langsung maupun diaplikasikan dengan produk makanan lainnya.

    Selain bijinya, tanaman ini juga menghasilkan kayu yang berguna dalam ekonomi lokal untuk barang-barang praktis seperti karang dan arang.

    Terlebih Daun Jambu Monyet sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C.

    Berikut manfaat daun Jambu Monyet:

    1. Mengatasi Sembelit

    Penyakit ini sangat sering diderita masyarakat Indonesia karena konsumsi makanan yang tidak baik dan kurang serat.

    jambu monyet fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Serat tinggi yang ada pada daun Jambu Monyet bisa Anda gunakan untuk mengatasi sembelit. Caranya, minum air rebusannya secara rutin sampai sembelit bisa teratasi.

    1. Mengatasi Penyakit Kulit

    Untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, Anda juga bisa menggunakan daun Jambu Monyet dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun segar lalu mengaplikasikannya pada area kulit yang mengalami masalah.

    jambu monyet fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)
    1. Mengobati Sariawan

    Daun Jambu Monyet juga dipercaya bisa mengobati Sariawan. Rebus 5 lembar daun dengan 500 ml air sampai tersisa 250 ml.

    Diamkan sebentar sampai agak dingin lalu minum air rebusan 2 kali sehari (pagi dan sore) sampai sariawan bisa sembuh.

    Kandungan tanin yang terdapat pada Daun Jambu Monyet memiliki sifat astringent yang bisa memperkecil sel selaput pada rongga mulut sehingga sariawan bisa sembuh.

    1. Mengobati Darah Tinggi

    Darah tinggi merupakan penyakit berbahaya yang tidak boleh dianggap sepele. Agar tekanan darah di dalam tubuh selalu dalam keadaan normal, maka anda bisa minum air rebusan daun ini sebanyak 3 kali dalam sehari sesudah makan.

    1. Mengatasi Sakit Disentri

    Penderita Disentri bisa diatasi dengan memakai daun tumbuhan ini. Caranya, rebus beberapa lembar daun muda bersama kulit batang pohon dengan 0.5 liter air sampai mendidih. Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari (pagi dan sore).

    1. Mengobati Radang Mulut

    Area mulut seringkali mengalami radang karena berbagai kuman yang bersarang pada gigi dan area sekitar mulut yang disebabkan oleh bakteri.

    Untuk mengatasinya, rebus 1 genggam dan 1 potong kecil kulit pohon dengan 1 liter air. Tunggu sampai mendidih lalu saring dan minum sebanyak 2 kali (pagi dan sore).

    1. Mengobati Rematik atau Nyeri Sendi

    Nyeri sendi merupakan penyakit yang menyerang otot, persendian dan jaringan tubuh lainnya. Dengan memanfaatkan ekstrak dari daun ini maka penyakit radang sendi akan berangsur membaik secara perlahan dan tidak menyebabkan muntah saat mengonsumsinya.

    1. Menyembuhkan Pegal Linu

    Salah satu penyakit yang sangat mengganggu yaitu pegal linu yang umumnya menyerang bagian tulang dan juga otot pada persendian.

    Rasa nyeri tak tertahankan dari pegal linu ini juga bisa menjadi indikator terjadinya penyakit lain seperti asam urat.

    Siapkan 10 gram pucuk daun Jambu Monyet dan 7 gram kencur lalu tumbuk sampai halus serta tambahkan 110 ml air hangat. Saring dan minum sehari sekali.

    1. Mengobati Flu

    Air rebusan daun Jambu Monyet juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan seperti influenza karena Senyawa antibiotik yang terkandung di dalamnya akan membunuh berbagai bakteri dan virus penyebab dari flu.

    1. Mengatasi Hipertensi

    Hipertensi bisa terjadi saat kadar tekanan darah menjadi tinggi dan ini bisa memicu penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung.

    Tekanan darah terlalu kuat akan melawan dinding arteri dari jantung. Daun Jambu Monyet yang digunakan sebagai cairan infus sangat bermanfaat untuk mengatasi hipertensi dengan hasil yang signifikan.

    1. Menyembuhkan Bronkitis

    Bronkitis merupakan infeksi saluran pernapasan paru-paru yang menimbulkan radang atau inflamasi pada saluran pernapasan dan termasuk ke dalam salah satu penyakit pernapasan.

    Daun Jambu Monyet bisa digunakan sebagai ekspektoran dengan fungsi membersihkan saluran pernafasan yang tersumbat karena lendir.

    1. Meningkatkan Libido

    Libido atau gairah seksual berguna untuk meningkatkan hubungan seksual suami istri agar bisa berjalan lebih baik.

    jambu monyet fokusjabar.id
    Ilustrasi (Foto web)

    Agar libido pada pria dan wanita bisa lebih ditingkatkan, maka disarankan untuk mengonsumsi daun Jambu Monyet secara rutin.

    Semoga artikel ini menambah informasi Anda seputar pengobatan tradisional menggunakan bahan alami yang tentu akan memperkecil efek samping seperti yang ditimbulkan saat menggunakan berbagai obat-obatan.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img