spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Blusukan, Ridwan Kamil Ingin Hadir di Tengah Kesulitan Rakyat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) blusukan bagikan bantuan sembako dan uang tunai pada warga yang terdampak PPKM Darurat.

Emil ditemani sang istri Atalia Ridwan Kamil lewat elemen Jabar Bergerak.

Blusukan, Ridwan Kamil Ingin Hadir di Tengah Kesulitan Rakyat 1

Ridwan Kamil mengatakan langkah ini diambil selagi pihaknya menunggu kejelasan data warga yang mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial dan Kementerian Desa. Dari rapat terakhir, warga Jawa Barat yang mendapatkan bansos dari Pusat mencapai 63 persen.

Di sisi lain, dampak PPKM Darurat ada warga terdampak baru yang menurutnya tidak bisa masuk dalam data formal.

BACA JUGA: Rayakan Iduladha, Ridwan Kamil Blusukan Bagikan Bantuan

“Ini agak sulit, harus improvisasi di lapangan, Pemprov bersama Kota/Kabupaten menyisihkan anggaran untuk mereka yang tidak tercover Pusat,” kata Emil dalam keterangan, Rabu (21/7/2021).

Karena itu pihaknya memilih langkah blusukan sekaligus menjadi ajang pihaknya untuk menyapa warga secara langsung.

“Psikologis warga sedang marah, melemah, pasrah dan butuh support pemimpin. Sehingga dengan kehadiran pemimpin secara langsung diharapkan menaikan moral dan semangat pada saat sulit,” kata dia.

Emil menyebut, upaya blusukan ini tetap membutuhkan kolaborasi dan kerjasama dengan banyak pihak, Karena itu pihaknya mengajak elemen-elemen sosial untuk bersama Pemprov Jabar mendata warga yang layak mendapatkan bantuan.

“Kami ada logistik sembakonya, tapi kekurangan pasukan, menyisir mereka yang tidak terdata secara formal. Istilahnya berasnya dari saya, mereka tinggal membagikan,” Ujar Emil.

(Agung)

 

Artikel Lainnya

spot_img