spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Bansos Segera Cair, Login cekbansos.kemensos.go.id

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bantuan sosial tunai (BTS) senilai Rp 600 ribu akan segera cair silah login ke cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui penerima bansos.

    Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Sosial agar segera mencairkan bantuan tersebut, bahkan Presiden meminta pendistribusian bantuan tersebut jangan sampai terlambat.

    “Soal bansos saya minta jangan sampai terlambat. Baik PKH (program keluarga harapan), BLT (bantuan langsung tunai) Desa, dan BST. Jangan ada lagi yang terlambat. Yang paling penting bantuan sembako. Minggu ini harus keluar, percepat bener-bener percepat,” kata Presiden Jokowi saat Ratas Evaluasi PPKM Darurat di Istana Merdeka yang disiarkan melalui Youtube Sabtu (17/7/2021), dilansir bisnis.com. 

    BACA JUGA: Pembuat Situs Palsu ‘Bansos PPKM Darurat’ Raup Rp1,5 M dari Iklan

    Presiden menegaskan, dalam pendistribusian bantuan jangan ragu meskipun dalam kondisi penerapan Pemberlakuan Pembatasana Kegiatan Masyarakat (PPKM).

    “Prinsipnya yang paling penting kita ga nyuri, gak ngambil. Prosedurnya tolong dampingi BPKP termasuk dalam hal ini pemberian obat-obatan dan suplemen gratis,” ucap Jokowi. 

    Sementara itu Menteri Sosial Tri Rismaharani menjelaskan, masih ada warga yang menerima bansos padahal basos sudah disalurkan sejak awal Juli.

    “Kami sampaikan untuk PKH, BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai), dan BST itu sudah mulai disalurkan sejak awal Juli, tetapi memang masih belum selesai karena ada kendala dan kemarin sempat ditahan,” katanya dalam konferensi pers pada Sabtu (17/7/2021). 

    Risma menuturkan, penyaluran bantuan PKH dan BPNT atau Kartu Sembako dilakukan secara nontunai melalui jaringan Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

    Adapun, kriteria bagi penerima BST atau bansos tunai Rp600 ribu yaitu memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi.

    Calon penerima juga harus tercatat tidak masuk dalam daftar program keluarga harapan (PKH), Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM), atau bansos tunai lainnya.

    Berikut langkah untuk mengecek nama penerima BST atau bansos tunai Rp600 ribu dari Kemensos selama masa PPKM Darurat: 

    1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id
    2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan 
    3. Masukkan nama penerima sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
    4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode 
    5. Klik tombol pencari data.

    Berita Terbaru

    spot_img