spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan lama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hari raya Idul Adha atau hari raya kurban selalu dipenuhi suasana sukacita serta berkah oleh seluruh umat muslim. Tradisi paling identik adalah pembagian daging hewan kurban untuk semua lapisan masyarakat.

    Berat daging kurban yang diberikan tidak menentu, bahkan ada yang diberikan dalam jumlah cukup banyak. Sehingga, tidak selalu habis dikonsumsi dalam satu hari, ada kalanya daging akan disimpan untuk keesokan hari atau bisa lebih lama.

    Berikut 5 Cara Agar Daging Kurban Tahan Lama

    1. Tidak Perlu Dicuci

    Ilustrasi. (web)

    Cara menyimpan daging kurban yang tepat adalah tidak mencucinya sebelum disimpan. Usahakan agar daging tersimpan dalam keadaan segar setelah dipotong.

    Alasannya, daging yang sudah dibasahi air keran akan rentan terserang bakteri jika tidak cepat-cepat diolah. Berbeda ketika kamu ingin segera mengolahnya, maka daging harus dicuci terlebih dahulu. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menyimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya masukkan ke dalam freezer kulkas langsung dan dibungkus dalam wadah.

    BACA JUGA: 8 Manfaat Daging Kelinci, Salah Satunya Tingkatkan Vitalitas Pria

    2. Taruh dalam Wadah dan Tutup Rapat

    Ilustrasi. (web)

    Jangan biasakan untuk menyimpan daging kurban menggunakan plastik bawaan dari panitia kurban. Keluarkan daging dari plastik terlebih dahulu, lalu masukkan ke tempat atau wadah yang tertutup rapat. Coba untuk pisahkan daging kurban sesuai takaran konsumsi harian dan tempatkan dalam wadah berbeda.

    Daging yang tersimpan di kulkas dalam wadah tertutup rapat akan bertahan hingga satu tahun lamanya. Alasan lain mengapa daging dipotong dan dipisahkan sesuai porsinya, adalah untuk memudahkan kamu saat mengolahnya. Daging yang tersimpan dalam potongan cukup besar, ketika membeku akan butuh waktu lebih lama untuk dicairkan dan diolah saat itu juga.

    3. Bumbui Sebelum Disimpan

    Ilustrasi. (web)

    Selain memotong sesuai porsi, kamu bisa merendam daging kurban yang kamu dapatkan ke dalam bumbu terlebih dahulu. Dengan merendam daging tersebut, maka daging akan terasa lebih empuk dan beraroma ketika diolah. Bumbu-bumbu tersebut diharapkan bisa menyerap dan membuat rasa daging menjadi lebih nikmat.

    Resep untuk rendaman daging pun cukup beragam, namun yang paling umum adalah dengan campuran garam, minyak, perasa, dan asam. Kamu juga bisa tambahkan bawang putih, jus lemon, dan minyak zaitun. Untuk daging dengan tekstur keras seperti daging sapi, bisa kamu coba untuk taburkan rempah-rempah ke permukaan daging dan biarkan selama beberapa jam. Langkah ini akan memudahkan kamu saat mengolah daging tersebut sewaktu-waktu.

    4. Hindari Menyimpan Langsung di Kulkas

    Ilustrasi. (web)

    Cara menyimpan daging kurban selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menyimpan langsung ke dalam kulkas. Ketika kamu menerima daging yang baru saja disembelih, sebaiknya jangan langsung menyimpan daging di dalam kulkas. Diamkan dulu dalam suhu normal kurang lebih 3-4 jam sebelum menyimpan.

    Untuk menjaga rasa daging tetap segar, kamu bisa melakukan langkah sebelumnya, yaitu memberikan bumbu. Cuci daging dan potong sesuai kebutuhan, kemudian tambahkan bumbu dan siap disimpan di kulkas. Kemas daging dengan benar agar kualitasnya tetap terjaga.

    5. Cara Mencairkan Daging Beku

    Ilustrasi. (web)

    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan daging kurban adalah dengan memahami cara mencairkan daging beku yang baik dan benar. Semua dilakukan agar daging sisa yang akan dibekukan kembali tidak mudah basi.

    Membiarkan daging beku pada suhu kamar dan mencair dengan sendirinya bisa menjadi langkah yang berbahaya. Metode yang paling tepat untuk menghindari tumbuhnya bakteri adalah dengan memasukkan daging ke dalam lemari es bagian bawah setelah dikeluarkan dari freezer kulkas. Cara ini mungkin akan memakan waktu, namun jika kamu terburu-buru, bisa langsung daging ke dalam mangkuk yang berisi air keran dingin dan ganti air secara berkala.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img