spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Klaster Hajatan Dusun Kandang Gajah Dewasari Ciamis Tembus 26 Kasus, Dua RT Lockdown

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 26 orang dari warga RT 04 dan RT 02 Dusun Kandang Gajah, Desa Dewasari, Kecamatan Cijengjing, Kabupaten Ciamis terpapar Covid-19.

    Hal tersebut menyebabkan akses keluar masuk di dua RT tersebut ditutup atau Lockdown. Selain itu Desa Dewasari saat ini berstatus Zone Merah karena peningkatan kasus Covid-19 yang melonjak secara signifikan.

    Kepala Desa Dewasari, Ninding membenarkan terkait lonjakan dan penutupan dua RT di daerahnya itu.

    “Iya ada 26 orang warga dari dua RT yang positif covid-19,”ungkapnya saat ditemui di kantor Desa Dewasari, Selasa (29/6/2021).

    BACA JUGA: RSUD Ciamis “Dihantui” Kematian Pasien Covid-19

    “Total kasus di Desa Dewasari saat ini ada 44 orang yang positif aktif dan wilayah saya ini sekarang berstatus zone merah,”sambungnya menambahkan.

    Aula Desa Dewasari. (Foto Fauza)

    Ninding mengatakan, warga yang positif tersebut terpapar setelah menghadiri acara hajatan yang dilangsungkan di Dusun Kandang Gajah, Dewasari pada hari Selasa tanggal 8 Juni 2021 lalu.

    “Ini berasal dari klaster hajatan,”kata dia.

    Sebelumnya pihaknya telah memberikan peringatan agar tetap menerapkan Prokes selama acara berlangsung.

    Namun bisa jadi penyebaran tersebut berasal dari saudaranya dari luar kota yang hadir. “tapi sampai saat ini belum ada keterangan dari satgas terkait awal mula klaster tersebut, “paparnya.

    Saat ini, lanjut Ninding menyebutkan kondisi warganya yang positif covid-19 sudah berangsur membaik setelah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

    “Alhamdulillah sekarang sudah membaik, mungkin nanti akan dilakukan test swab kembali agar memastikan tidak ada warga saya yang positif covid-19, ” jelasnya.

    Setelah terjadi klaster tersebut warga Desa Dewasari menjadi sadar dan lebih giat dalam menerapkan protokol kesehatan.

    “Saya yakin semua dibalik kejadian ini pasti ada hikmahnya, tetap semangat dan jangan kendor Prokes selalu dilaksanakan,”kata Ninding

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img