spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Polres Tasikmalaya Genjot Profesionalisme Anggota Dalam Olah TKP

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ketepatan waktu dan bertindak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) menjadi kunci utama keberhasilan anggota polisi dalam melakukan tindakan pertama olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

    Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme yang berdampak terhadap tingkat pelayanan terbaik kepada masyarakat, dibutuh proses dan latihan yang tidak sederhana.

    Untuk mendongkrak semangat meningkatkan kemampuan tersebut, Polres Tasikmalaya menggelar perlombaan tindakan pertama olah TKP yang digelar di Gedung Pertemuan Warga (GPW), Mako Polres Tasikmalaya, Rabu (23/6/2021). Perlombaan tersebut pun menjadi rangkaian kegiatan peringatan HUT Bhayangkara ke-75 yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

    “Perlombaan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan anggota dalam tindakan pertama olah TKP,” kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono.

    BACA JUGA: HUT ke-17, PDAM Tirta Anom Kota Banjar Hapus Biaya Penyambungan

    Pasca perlombaan, lanjut dia, ditindaklanjuti dengan arahan-arahan dan evaluasi berdasarkan analisa. Hal ini guna memantapkan ilmu dan pemahaman anggota menuju profesionalisme Polri.

    “Tindakan pertama olah TKP ini merupakan keahlian khusus kepolisian yang juga sebagai penyidik utama. Maka dalam melakukan olah TKP dan penyelidikan harus sesuai SOP, cepat dan tepat,” kata dia.

    Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno menambahkan, kegiatan lomba olah TKP bertujuan meningkatkan profesionalisme personel Polri di lapangan.

    “Ketika mereka nanti di lapangan dan ada kejadian, mereka tahu siapa dan harus berbuat apa,” kata Hario.

    Dalam perlombaan tersebut, tim penilai akan menilai peserta dari kesesuaian SOP. Artinya, apakah SOP-nya, dilaksanakan atau tidak. Termasuk dalam hal kecepatan, ketelitian dan ketepatan saat melaksanakan tindakan pertama dalam olah TKP.

    (Farhan/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img