spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

4 Penyebab Anyang-anyangan yang Harus Anda Waspadai

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anyang-anyangan adalah salah satu kondisi yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Hal tersebut dikarenakan masalah medis satu ini akan membuat seseorang bolak balik ingin kencing, akan tetapi buang air tersebut tidak tuntas.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab anyang-anyangan ini. Untuk lebih tahu jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Apa Saja Hal Yang Menyebabkan Anyang-anyangan?

1. Mengalami Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kondisi dimana terdapat endapan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Hal yang menyebabkan sering kencing namun belum tuntas, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anda menderita anyang-anyangan. Adapun gejala yang biasanya terjadi adalah kencing terus menerus tapi merasa masih ada yang kurang.

BACA JUGA: 5 Penyebab Bibir Kering yang Wajib Anda Waspadai

Selain itu, ketika kencing anda akan mendapati warna urine cenderung keruh berawan bahkan ada beberapa kasus yang berwarna merah muda atau coklat. Lalu, apabila anda kencing, maka bagian sisi atau belakang perut akan mengalami rasa yang nyeri. Oleh karena itu, anda pun patut waspada apabila mengalami gejala satu ini.

2. Kelenjar Prostat Mengalami Infeksi

Adanya infeksi pada kelenjar prostat menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan. Adapun keluhan medis satu ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kencing secara terus menerus namun tak tuntas, bagian penis, testis dan kandung kemih mengalami nyeri dan cenderung sering pipis di malam hari. Bahkan penderitanya pun akan sulit dan sakit ketika mengalami ejakulasi.

4 Penyebab Anyang Anyangan Yang Patut Anda Waspadai

3. Infeksi Menular Seksual

Hal lain yang menjadi penyebab dari anyang-anyangan atau disuria adalah adanya infeksi menular seksual. Ketika mengalami penyakit satu ini, biasanya akan menimbulkan gejala seperti rasa nyeri dan panas ketika buang air besar. Contohnya seperti herpes genital, gonore, trikomoniasis hingga klamidia.

Anyang-anyangan yang disebabkan oleh infeksi menular seksual biasanya ditandai dengan beberapa hal. Sebut saja seperti keluarnya cairan yang berasal dari penis dan vagina.

Selain itu, juga adanya rasa gatal pada alat kelamin. Selanjutnya, ketika melakukan hubungan seksual akan terasa nyeri dan terdapat benjolan atau luka terbuka di alat kelamin.

4. Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Penyebab anyang-anyangan selanjutnya dapat terjadi lantaran mengalami infeksi saluran kemih. Penyakit satu ini umumnya kerap kali dialami oleh wanita karena memiliki saluran kemih yang lebih pendek.oleh karena itu, resiko untuk mengalami infeksi yang berasal dari bakteri anus akan lebih mudah untuk memasuki saluran kemih.

Tak hanya itu saja, apabila anda memiliki kebiasaan untuk menahan kencing, hal ini juga akan membuat bakteri atau virus menjadi berkembang di saluran ini. sehingga dapat menimbulkan gejala antara lain seperti rasa ingin untuk kencing secara terus menerus, namun jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit.

Selain itu, penderita akan mengalami rasa ingin kencing namun urine terasa panas. Sedangkan untuk warna air kencing cenderung keruh berawan bahkan hingga terdapat darah di urine yang disertai dengan bau menyengat.

Kemudian, bagi penderita juga akan merasakan demam dan nyeri di area pinggul dan punggung. Penyebab anyang anyangan ini memang harus segera anda konsultasi ke dokter.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari anyang-anyangan. Untuk itu, anda sebaiknya berhati hati apabila mengalami kondisi tersebut dan lebih baik untuk segera berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Dengan begitu, penyakit tersebut akan segera mendapatkan penanganan yang sesuai sehingga bisa sembuh seperti sedia kala.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img